get app
inews
Aa
Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, ini Alasannya

Senin, 20 Juni 2022 | 08:57 WIB
header img
Berikut 5 alasan Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 (Foto: PSSI)

Peluang Timnas Indonesia mentas di Piala Dunia semakin terbuka lebar pada tahun 2026 mendatang.

Pasalnya, bukan hanya diselenggarakan di tiga negara, melainkan Konfederasi Sepak Bola Internasional (FIFA) juga menambah jumlah peserta Piala Dunia 2026

Sebelumnya, hanya ada 32 tim yang mentas di Piala Dunia, nantinya di tahun 2026 akan bertambah menjadi 48 tim! Dengan tambahan itu bisa sangat dimanfaatkan skuad Garuda untuk mentas di Piala Dunia. 

Lantas, apa hubungannya dengan Piala Asia 2023? Berikut 5 alasan Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 jika lolos Perempatfinal Piala Asia 2023:

1. Indonesia Masuk Jajaran 8 Tim Kuat di Asia

Kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tentu jadi sorotan. Bagaimana tidak, jika bisa melaju hingga perempatfinal Piala Asia 2023, praktis Timnas Indonesia sudah masuk dalam jajaran delapan tim terbaik se-Asia!

Akan tetapi, pasukan Shin Tae-yong ini harus konsisten dan berjuang lebih ekstra. Sebab, Timnas Indonesia masuk di pot 4 drawing Piala Asia 2023, lantaran menjadi kontestan dengan ranking FIFA terbuncit.

Itu artinya, Timnas Indonesia berpotensi satu grup dengan salah satu tim yang berada di pot 1. Adapun tim yang berada di pot 1 merupakan tim-tim unggulan. Sebut saja seperti Irak, Jepang, maupun Korea Selatan. Jadi, sanggupkah skuad Garuda tembus perempatfinal?

2. Manfaatkan Slot AFC yang Bertambah

Piala Dunia 2026 yang diadakan di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dipastikan menggunakan format baru. Jika sebelumnya hanya ada 32 tim yang berlaga, FIFA menambah slot kontestan menjadi 48 tim.

Nah, untuk Asia (AFC) pun otomatis ikut bertambah. Jika sebelumnya hanya ada 4,5 plus 0,5 wakil melalui playoff antarkonfederasi, nantinya AFC diberi jatah 8,5 plus 0,5 oleh FIFA. Itu Artinya, Asia bisa mengirimkan 9 wakil di Piala Dunia 2026.

Jika Timnas Indonesia berhasil lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023, itu artinya skuad Garuda sudah berhasil masuk ke jajaran 8 tim terbaik yang bisa melalui fase grup dan gugur. Dengan kata lain, bukan tak mungkin skuad Garuda bisa konsisten tembus 8 tim yang lolos ke Piala Dunia 2026.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut