Timnas Australia U-16 Juara Piala AFF U-16 2024, usai Kalahkan Timnas Thailand U-16 via Adu Penalti

Djanti Virantika/ Boby
Timnas Australia U-16 juara Piala AFF U-16 2024. (Foto: Instagram/@footballaus)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Timnas Australia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2024, usai Kalahkan Timnas Thailand U-16 lewat drama adu penalti dengan skor akhir 8-7.

Kedua tim berlaga  di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3/7/2024) malam WIB. Bahkan, kedua tim harus bersaing hingga drama adu penalti karena skor 1-1 terus terjaga hingga akhir laga babak kedua.

Awalnya, Thailand U-16 unggul lebih dahulu lewat aksi Poramet Laoongdi (33’). Tetapi kemudian, Quinn Macnicol berhasil menyamakan kedudukan 1-1. hingga laga babak kedua berakhir. 

Kemudian dilanjutkan dengan adu penalti. Namun di babak adu penalti, Timnas Australia menang dengan skor 8-7.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Australia U-16 langsung tebar ancaman di awal babak pertama. Tetapi, pemain di lini pertahanan Thailand U-16 tampil begitu solid sehingga tak bisa ditembus.

Pada menit ke-10, Australia U-16 pun mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Wasit menujuk titip putih usai pemain Thailand U-16 dinilai melakukan handsball saat menghalau serangan Australia U-16 di kotak terlarang.

Quinn Macnicol pun maju sebagai algojo. Dia bahkan sudah bersiap untuk mengeksekusi penalti. Tetapi kemudian, wasit kembali mengecek VAR. Usai meninjaunya langsung di layar, wasit menganulir hadiah penalti itu karena pemain Thailand U-16 dinilai tak melakukan handsball lantaran bola lebih dahulu terkena wajah sang pemain.

Terus diserang, Thailand U-16 tak tinggal diam. Mereka akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-33. Ialah Poramet Laoongdi yang mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini berawal dari blunder yang dilakukan pemain Australia U-16, Malual Nichola, yang berada di lini pertahanan. Usai mendapat bola dari kiper, dia malah terlepeset hingga bola terlepas dari kakinya. Bola langsung disambar Poramet Laoongdi yang mencetak gol.

Jelang akhir laga, Australia U-16 berhasil mencetak gol balasan. Memanfaatkan umpan ciamik dari Tatu, Quinn langsung menendang keras bola dari luar kotak penalti. Skor yang berubah menjadi 1-1 terjaga hingga akhir laga.

Babak Kedua

Pada menit ke-50, Tatu nyaris membawa Australia U-16 unggul. Sebab, tendangan bebasnya dari luar kotak penalti berhasil mengarah tepat ke gawang Thailand U-16. Tetapi, bola masih bisa ditangkap oleh kiper Thailand U-16.

Pada menit ke-76, Austraia U-16 akhirnya bisa menambah golnya. Tetapi, gol itu dianulir wasit usai melihat VAR karena pemain Australia U-16 dinyatakan melakukan handsball lebih dahulu.

Laga berjalan sengit setelah itu. Jual beli serangan terus terjadi. Tetapi, tak ada gol tambahan yang bisa dicetak kedua tim. Laga babak kedua harus berakhir dengan skor 1-1 sehingga harus berlanjut ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Thailand U-16 memulai tendangan lebih dahulu. Poramet yang maju sebagai penendang pertama gagal mengeksekusi penalti karena mampu dihalau kiper Australia U-16. Australia U-16 pun berhasil unggul karena penendang pertama mereka, Nickolas Alfaro, berhasil mencetak gol.

Di penendang kedua, kondisi berbalik terjadi. Thailand U-16 berhasil mengekeskusi tendangan penalti dengan baik. Tetapi, Australia U-16 tidak. Alhasil, kedudukan menjadi imbang 1-1.

Jay Maltz yang jadi penendang ketiga pun berhasil menebus kegagalan rekan setimnya. Tetapi, Thailand U-16 juga bisa melakukannya dengan baik sehingga kedudukan masih imbang 2-2.

Penendang keempat hingga ketujuh Thailand U-16 pun sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Begitu juga dengan Australia U-16.

Tetapi, penendang kedelapan Thailand U-16 gagal mencetak gol. Kapten Australia U-16, Jaiden, pun jadi penentu kemenangan Australia U-16. Skor berakhir dengan 8-7.

Berikut Susunan Pemain Timnas Thailand U-16 vs Australia U-16 di Final Piala AFF U-16 2024:

Timnas Australia U-16: Jai Ajanovic, Malual Nichola, Jayden Necovski, Chritian Pullella, Alex Bolton, Nickolas Alfaro, Amlani Tatu, Alexander Garbowski, Anthony Didulica, Rhys Williams, Quinn Macnicol

Cadangan: Jonty Benfield, Noah Ellu, Charlie Parkin, Noah Slunjski, Haine Eames, Jordan Graoroski, Besian Kutleshi, Marco Santangelo, James Houridis, Alexander Houridis, Jay Maltz, David Bolongi

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network