Timnas Spanyol Susul Jerman ke 16 Besar, usai Menang Tipis 1-0 atas Timnas Italia di Euro 2024

Yova Adhiansyah/Boby
Spanyol menjadi tim kedua setelah Jerman yang memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024 / Foto: UEFA EURO 2024 (@EURO2024) · X

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Timnas Spanyol dipastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024, usai menang tipis 1-0 atas Timnas Italia pada laga kedua fase Grup B di Arena AufSchalke, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut tim besutan Luis de la Fuente, begitu leluasa mendikte permainan Italia, sehingga tampil cukup dominan. Hal itu bisa dilihat dari statistik pertandingan yang sangat berbeda jauh dari perkiraan sebelumnya. Spanyol unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 64 persen berbanding 36 persen.

Alvaro Morata juga terlihat sangat efektif dalam melakukan operan (510) dengan tingkat akurasi passing 90 persen.

Mengacu pada data tersebut tak aneh, jika Tim Matador mampu menciptakan 16 tendangan dan tujuh di antaranya berhasil mengancam gawang Gianluigi Donnarumma.

Saat Donnarumma tampil cemerlang di bawah mistar gawang, Riccardo Calafiori justru merusaknya. Berawal dari serangan yang dilakukan Nico Williams melalui sisi kanan pertahanan Italia.

Williams lantas mengirimkan umpan silang kepada Morata. Bola sebenarnya mampu ditepis Donnarumma. Tapi datangnya bola tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Calafiori.

Bola memantul dari kaki bek dan masuk ke gawang Italia. Calafiori tercatat sebagai pemain Italia pertama dalam sejarah turnamen yang mencetak gol bunuh diri di Euro.

Itu merupakan satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan ini. Kemenangan ini memastikan Spanyol lolos ke babak 16 besar setelah mengumpulkan enam kemenangan dari dua pertandingan fase Grup B.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network