Fajar Alfian/Rian Ardianto Tembus ke Final, usai Kalahkan Wakil Denmark di Singapore Open 2024

Andhika Khoirul Huda/ Boby
Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Satu-satunya Wakil pebulutangkis Indonesia, Pasangan ganda putra Indonesia,Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke final Singapore Open 2024.

Mereka berhasil menumbangkan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di semifinal Singapore Open 2024, pada Sabtu (1/6/2024) dini hari WIB. 

Di laga tersebut  Fajar/Rian  berjuang keras selama 57 menit untuk menang dengan skor 21-11, 16-21 dan 21-12. Tentunya hasil positif itu membuat Fajar/Rian menyegel tiket ke final turnamen Super 750 itu sekaligus menjadi satu-satunya wakil Indonesia di partai puncak.

Selanjutnya, mereka akan memperebutkan gelar juara dengan pasangan China, He Ji Ting/Ren Xiang Yu yang mengalahkan unggulan enam, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, dari Jepang di semifinal dengan skor 21-19 dan 21-15.

Jalannya Pertandingan

Mentas di Singapore Indoor Stadium, Fajri -sebutan Fajar/Rian- tampil menyerang begitu pertandingan dimulai. Meski sempat tertinggal 1-2, mereka dengan cepat berbalik unggul 4-2.

Smash-smash keras nan mematikan terus dilancarkan oleh mantan duet nomor satu dunia itu dan membuat Astrup/Rasmussen sangat kerepotan. Alhasil, mereka dengan mudah menambah keunggulan menjadi 7-4 dan kemudian menginjak interval gim pertama dengan skor 11-5.

Variasri serangan bola-bola menyilang yang diterapkan oleh Fajar/Rian juga sangat efektif untuk membongkar pertahanan lawan. Mereka pun dengan mudah memperlebar jarak menjadi unggul 16-8 dan kemudian menutup gim pertama dengan kemenangan 21-11.

Pada gim kedua, Astrup/Rasmussen mampu menekan Fajar/Rian. Duet ranking empat dunia itu gantian membombardir pertahanan pasangan Merah-Putih sehingga bisa unggul 7-2.

Di sisi lain, Fajri juga kerap membuat kesalahan sendiri yang menyebabkan mereka ketinggalan 4-10. Walau sempat memangkas ketertinggalan menjadi 7-10, pada akhirnya mereka tertinggal 7-11 dari Astrup/Rasmussen di interval gim kedua.

Permainan apik terus ditampilkan oleh Astrup/Rasmussen sehingga Fajar/Rian kesulitan untuk keluar dari tekanan. Mereka pun terus menjaga keunggulan di angka 15-8 dan kemudian 20-13.

Selepas itu, Fajri sempat bangkit dan mendekat di angka 16-20 berkat serangan-serangan mematikan yang mereka lepaskan. Sayangnya, perjuangan juara All England dua kali itu berakhir sia-sia karena Astrup/Rasmussen sukses merebut gim kedua dengan skor 21-16.

Pada gim penentuan, Fajar/Rian berhasil menemukan bentuk permainan terbaik mereka lagi. Alhasil, pasangan ranking tujuh dunia itu bisa unggul 5-3 dan kemudian menjauh dengan keunggulan 9-5. Mereka pun dengan nyaman menginjak interval lebih dulu di angka 11-6.

Poin demi poin terus didapat dengan mudah oleh Fajar/Rian berkat smash-smash keras efektif yang mereka lancarkan. Mereka pun memperlebar keunggulan menjadi 16-9 dan kemudian mengunci kemenangan di gim ketiga dengan skor 21-12.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network