Curug Citambur, Air Terjun 3 Tingkat yang Viral karena Rumah Abah Jajang, Begini Faktanya! 

Novie Fauziah/ Boby
Curug Citambur di Cianjur, Jawa Barat (Foto: lh5.googleusercontent.com)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Curug Citambur adalah air terjun satu ini memiliki keindahan yang mempesona dan keberadaannya pun cukup tersembunyi. Tak hanya itu, alam di sekitarnya pun masih cukup alami. Bahkan menjadi perbincangan publik.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sampai datang langsung ke kawasan salah satu wisata alam di Jabar ini. Sebab pesona Curug Citambur ini viral di media sosial.

Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini 5 fakta menarik tentang Curug Citambur yang indah, dan cukup banyak yang rela datang meski perjalanannya sangat jauh.

1. Surga tersembunyi di Cianjur

Dikutip dari channel YouTube Iyon Yogi, Curug Citambur terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

Curug atau air terjun ini juga disebut-sebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Cianjur, dan meskipun keberadaannya telah populer namun kealamiannya masih terjaga dengan baik Lho.

Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter di atas permukaan laut (mdpl), pemandangannya indah, karena dikelilingi pepohonan hijau nan rindang. Menariknya, nuansa Curug Citambur juga disebut-sebut mirip dengan pemandangan di Eropa.

2. Tempat healing

Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk melepaskan penat atau healing, merilekskan tubuh sambil merasakan terpaan angin ditambah dengan percikan-percikan air yang dihempaskan angin.

Udaranya begitu dingin dan segar, Curug Citambur benar-benar surga tersembunyi yang patut diancungi jempol.

Curug Citambur sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk para wisatawan, di antaranya area parkir, toilet, mushola, hingga warung penjual makanan.

Tentunya dengan adanya fasilitas-fasilitas ini para wisatawan akan semakin dimanjakan dan tidak akan kesulitan untuk mencari makan dan tempat beristirahat.

3. Memiliki 3 tingkat

Keunikan air terjun ini tak hanya sampai di situ saja, Curug Citambur memiliki tiga tingkatan dan ketinggian masing-masingnya berbeda-beda. Sehingga membuatnya menjadi semakin memesona dan tidak bosan dipandang mata.

Curug pertama memiliki ketinggian 12 meter. Selanjutnya untuk tingkatan kedua, Curug Citambur memiliki ketinggian 116 meter. Sementara tingkatan ketiga yang lokasinya paling atas setinggi 2 meter.

4. Rumah Abah Jajang spot terbaik

Tak jauh dari Curug Citambur, terdapat rumah dengan bangunan bilik dan kayu. Rumah sederhana ini milik Abah Jajang, salah satu warga yang tinggal di kawasan air terjun tersebut.

Meskipun terlihat sederhana, namun pemandangan dari rumah Abah Jajang ini jadi salah satu spot terbaik melihat pesona keindahan Curug Citambur dari halaman rumahnya yang sangat luas dan juga asri.

5. Tiket masuk dan rute

Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung hanya cukup membeli tiket masuk dengan kisaran harga Rp3.000 per orang. Jalur menuju Curug Citambur bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Jika Anda berangkat dari Bandung, bisa mengambil arah Ciwidey sampai Kawah Putih. Lalu menuju kawasan perkebunan The Sinumbra hingga sampai di Desa Karang Jaya. Pintu masuk Curug Citambur berada di depan kantor kepala desa.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network