Waktu Paling Tepat Berolahraga ketika Berpuasa, Ini Kata Dokter 

Kevi Laras/Boby
Waktu Paling Tepat Berolahraga ketika Berpuasa (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawamg.id - Meski sebagian orang, termasuk yang rajin berolahraga kebingungan untuk menentukan waktu tepat berolahraga ketika sedang puasa, sejatinya berpuasa tak menjadi halangan untuk tetap rutin melakoni rutinitas olahraga. 

Seperti berolahraga dalam keadaan puasa  di bulan Ramadhan ini, dengan keadaan perut kosong karena tak makan dan minum seharian memang harus diperhatikan betul dalam pemilihan waktunya.

 Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI)dr. Adib Khumaidi SpOT menyarankan ada dua waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa.

"Ada dua waktu yang kita sarankan, bisa dilakukan pada saat pasca sholat subuh usai sahur dan menjelang waktu berbuka puasa atau di sore hari,” kata dr. Adib pada awak media saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Ia menyarankan, jenis olahraga yang dilakukan tak perlu yang berintensitas tinggi. Contohnya bisa jalan kaki, berenang, pilates, bersepeda, dan stretching atau peregangan seluruh tubuh.

"Olahraga kecil dan jangan berolahraga pada saat di siang hari ya," sarannya lagi.

Selain berolahraga, dr. Adib juga mengingatkan selama berpuasa di bulan Ramadhan ini masyarakat tetap mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, dan menghindari balas dendam atau makan berlebihan saat berbuka puasa.

"Kesehatan bisa terkontrol dengan baik pada saat kita puasa, tapi dengan syarat mengelola pola makan. Makan seperti biasa, tanpa harus kemudian ada apa namanya ditumpuk atau balasa dendam dalam satu waktu itu," tegas dr. Adib.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network