KPK Segera Umumkan Pejabat Lain yang Diduga Memiliki Harta Tak Wajar Dalam Buntut Kasus Rafael Alun

Arie Dwi Satrio/ Shandy Thabrany
Ilustrasi (Foto : Antara)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, berencana untuk mengumumkan satu lagi nama pejabat dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yang diduga memiliki harta yang tidak wajar, dan juga merupakan rekan dari Rafael Alun Trisambodo.

Pahala Nainggolan berjanji akan mengumumkan nama pejabat pajak yang diduga memiliki harta tidak wajar setelah melakukan klarifikasi terhadap Eko Darmanto, Kepala Kantor Bea Cukai nonaktif Yogyakarta, oleh tim Kedeputian Pencegahan KPK pagi ini.

"Jadi nanti kita umumin namanya. Habis itu kapan dia datengnya, mungkin gua rasa Minggu depan kali yang panggilnya. Tapi yang ini hartanya cuma Rp16 miliar, enggak tinggi hartanya, makanya selamat. Padahal sama kelakuannya," kata Pahala saat dihubungi, Selasa (7/3/2023).

Pahala Nainggolan menyatakan bahwa pejabat pajak yang diduga memiliki harta kekayaan tidak wajar masih terkait dengan Rafael Alun Trisambodo, dan diduga terlibat dalam membangun perusahaan untuk menampung uang suap atau gratifikasi bersama dengan Rafael Alun Trisambodo.

"RAT ada pengembangannya. Salah satunya, pemegang saham di perusahaannya itu sama dengan orang pajak yang lain. Udah gua terbitin surat tugas pemeriksaan buat orang pajak yang baru," bebernya.

Kedeputian Pencegahan KPK juga bakal segera memanggil pejabat pajak yang berkaitan dengan Rafael Alun Trisambodo ini. Hal ini, dibeberkan Pahala, sekaligus untuk membuktikan bahwa memang ada pejabat tajir di Kemenkeu yang memiliki harta tak wajar.

"Pejabat pajaknya angkatan dia (Rafael Alun) juga, sama. Itu geng tuh ada, ada banget. Ini angkatan dia juga. Iya pejabat juga. Nah ini baru satu. Ntar kita cari lagi. Tenang aja LHKPN gua kan banyak. Cari aja yang punya perusahaan, ntar gua adu-adu juga lama-lama kebuka," kata Pahala.

"Pejabat pajak nanti diklarifikasi, dia orangnya di Jakarta kok, gampang. Nanti gw umumin dulu namanya," sambungnya.

Pahala Nainggolan sebelumnya mengungkapkan adanya indikasi 'geng' pejabat Kemenkeu yang memiliki harta kekayaan yang fantastis dan tidak wajar. KPK sedang memantau pola transaksi dan perolehan keuangan dari geng tersebut.

Salah satu yang masuk dalam daftar pejabat tajir di Kemenkeu yakni, Rafael Alun Trisambodo. Mantan Pejabat Ditjen Pajak tersebut telah diklarifikasi Kedeputian Pencegahan KPK soal harta kekayaan bernilai fantastis yang dinilai tak wajar dengan profilnya.

KPK menduga bukan hanya Rafael Alun Trisambodo yang memiliki harta yang fantastis di Kemenkeu. Diduga, ada banyak pejabat Kemenkeu lainnya yang memiliki harta kekayaan janggal bernilai fantastis. KPK sedang memantau pola transaksi serta perolehan keuangan mereka.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network