get app
inews
Aa Read Next : Obat Batuk Diduga Sebabkan Kematian Puluhan Anak, WHO Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

Simak Penjelasan Obat Batuk Flu Jika Digunakan Oleh Orang Dewasa dan Anak-anak

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:42 WIB
header img
Obat batuk dan flu (Foto: Web MD)

Pada saat meminum obat batuk, orang dewasa dan anak-anak dapat menggunakan jenis yang sama dengan dosis yang berbeda. Hal ini lantaran kandungan obat yang dibutuhkan orang dewasa dan anak-anak jelas berbeda, jika dosis tidak sesuai maka akan menimbulkan efek samping pada tubuh.

"Takaran obat untuk anak berbeda karena ditentukan oleh berat badan anak, sehingga jika tidak sesuai, bisa menyebabkan overdose dan underdose. Pada orang dewasa, lebih aman sesuai dengan berat badan universal," kata dr. Wenata Utama Solaiman, Dokter Umum di RS Randegansari Husada, Gresik, Jawa Timur.

Meskipun berbeda kebutuhannya, namun saat ini penderita batuk, pilek dan influenza tidak perlu menyediakan dua macam obat yang berbeda untuk anak ataupun dewasa, karena tersedia obat batuk yang sudah diformulasikan khusus untuk dewasa dan juga anak.

Obat batuk memang harus disesuaikan peruntukkannya. Namun saat batuk selain minum obat, Anda harus menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung zat-zat yang bersifat iritatif bagi mukosa tenggorokan dan kelenjar reflek batuk.

"Contohnya adalah micin dan zat pewarna yang keras," kata dr Wenata.

"Penyebab batuk sendirinya adalah reflek otot tenggorokan untuk mengeluarkan benda asing dari mulut. Sebetulnya batuk ini sendiri merupakan berkah karena hampir semua zat dan komponen asing yang masuk ke tubuh dikeluarkan dengan reflek batuk," tambahnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut