get app
inews
Aa Read Next : Keren, Makanan Indonesia Siomay Jadi Dumpling Terenak di Dunia, Jepang dan China Kalah Telak!

Jay Idzes Sukai 3 Makanan Pinggir Jalan Khas Indonesia, Ini Makanannya!

Jum'at, 14 Juni 2024 | 02:27 WIB
header img
Makanan Indonesia favorit Jay Idzes, (Foto: Instagram @jayidzes)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Pesepakbola Venezia FC sekaligus bek andalan timnas Garuda Indonesia, Jay Idzes mengaku memiliki beberapa makanan Indonesia tersendiri yang menjadi favoritnya.

Pesepakbola yang punya darah Indonesia mengalir dalam tubuhnya itu, menyukai tiga jenis makanan Indonesia yang sangat rumahan alias sederhana, dan banyak dijajakan di pinggir jalan.

"Makanan favorit mungkin sate ayam. Aku selalu makan pada saat masih muda yaitu, nasi goreng. Aku menyukainya, gado-gado.” kata Jay dalam video yang diunggah di akun Instagram resmi Timnas Indonesia.

Berikut ulasan singkat tiga makanan khas Indonesia yang jadi kesukaan, favorit dari Jay Idzes, sebagaimana dihimpun dari laman resmi Kemenparekraf dan Kedutaan Besar RI untuk Kabul, Kamis (13/6/2024)

1. Nasi Goreng: Salah satu makanan khas Indonesia yang sangat punya pamor di dunia internasional, karena mudah ditemukan di banyak negara dan biasanya jadi kesukaan masyarakat dari berbagai negara. Nasi goreng Indonesia bahkan pernah didapuk sebagai juara dua, alias runner up dalam daftar “World's 50 Most Delicious Foods” versi CNN International. Nasi goreng di Indonesia, bisa dibuat dengan berbagai versi.

Mulai dari yang minim bumbu, pakai daging kambing, polosan tanpa kecap, nasi goreng tek-tek kaya bumbu ala abang-abang pedagang kaki lima, hingga nasi goreng khas berbagai daerah seperti nasi goreng Jawa, nasi goreng Mawut, nasi goreng Sunda, sampai nasi goreng gila.

2. Sate ayam: Sate Ayam Madura, terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk rapi menggunakan tusuk kayu bambu. Daging ayam ini diolah dengan racikan bumbu yang khas dari Madura, Jawa Timur.

Sate Ayam Madura merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia dan sangat muidah ditemui di hampir semua daerah di Indonesia. Sate ayam sendiri, selain bisa dimakan dengan bumbu kacang bisa juga disajikan bersama bumbu kecap berisi irisan cabai rawit serta acar timun bawang.

3. Gado-gado: Makanan banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima pinggir jalan ini, nyatanya pernah masuk dalam daftar salad terenak di dunia versi Taste Atlas loh! Gado-gado berhasil menduduki urutan ke-14, lebih unggul dari banyak sajian salad terkenal lainnya di dunia.

Nah tahukah Anda, awalnya gado-gado disebut dengan Gadho yang dalam bahasa Jawa, artinya makan hanya dengan lauk saja tanpa menggunakan nasi.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut