get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Masyarakat Geruduk Gedung Kedubes Amerika, Serukan Berhenti Pasok Senjata ke Israel

May Day 1 Mei 2024 : Buruh Gelar Aksi Pantomim, Peragakan Expresi Buruhnya Sedih, Bosnya Cuan

Rabu, 01 Mei 2024 | 14:01 WIB
header img
Aksi Pantomim saat May Day (Foto: MPI/Jonathan)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 1 Mei 2024, ribuan buruh menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Silang Monas Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (1/5) siang. 

Pada kesempatan itu berbagai aksi unik ditampilkan oleh buruh dalam mengawal aksinya. Salah satunya adalah penampilan karakter pantomim yang menampilkan ekpresi sedih. Aksi itu ditampilkan oleh buruh dari Federasi Serikat Buruh Militan (FSBM).

Penampilan karakter pantomim berparas ekspresi sedih itu menggambarkan kondisi buruh yang tertindas. Wajah mereka digambar dengan wajah sedih menggunakan cat, mereka juga terlihat kompak mengenakan baju bergaris putih hitam.

Karakter itu juga membawa spanduk-spanduk bertuliskan tuntutan parah buruh. Tuntutan itu di antaranya adanya kepastian kerja untuk rakyat, membongkar mafia dalam lingkungan ketenagakerjaan, menolak kapitalisme hingga menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Di sebelah karakter pantomim itu, terdapat karakter bos yang digambarkan sebagai seseorang berjas. Wajah bos itu digambarkan mengenakan topeng bergambar binatang babi.

Karakter bos itu digambarkan sebagai pengusaha yang hanya mementingkan dirinya tanpa peduli dengan buruh. Mereka juga terlihat memegang koper bertuliskan investasi dan memegang segepok uang.

Sebagai informasi, kawasan Silang Monas Patung Kuda juga dipenuhi dengan massa aksi buruh lainnya dari berbagai federasi atau organisasi. Mereka memenuhi kawasan itu sejak pukul 09.00 WIB.

Buruh mengisi aksi itu dengan berbagai orasi hingga bernanyai bersama. Rencananya, setelah menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, ribuan buruh ini akan bergeser dan menggelar aksi di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut