get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi, Mahasiswa dan Pengajar Berhamburan ke Luar Ruangan

Mahasiswa Pascasarjana IPB Kunjungi UMKM Sukses di Karawang

Senin, 26 Februari 2024 | 17:04 WIB
header img
Mahasiswa Pascasarjana IPB Kunjungi UMKM Sukses di Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Yogi Kurnia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Mahasiswa Pascasarjana IPB University melakukan kunjungan ke sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang, Senin, (26/2/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari program studi Pengembangan Industri Kecil Menengah di Sekolah Pascasarjana IPB University.

Dosen Pembimbing kunjungan lapangan Program Studi Pengembangan Industri Kecil Menengah (PSMPI) Sekolah Pascasarjana IPB, Dr. Nora H. Pandjaitan mengatakan, Kegiatan ini merupakan mata kuliah kunjungan lapang di kurikulum PSMPI, dan mata kuliah ini telah dilaksanakan sejak berdirinya MPI.

"Jadi ini merupakan kegiatan rutin dimana mahasiswa harus mengunjungi pelaku UMKM," ujarnya.

Ia membebeekan alasan memilih UMKM di Kabupaten Karawang karena lokasi ini dipilih langsung oleh para mahasiswanya.

"Ini lokasi pilihan mahasiswa, mahasiswa kami sudah melakukan penjajakan sebelum melakukan kunjungan," Tuturnya.

Dr. Nora berharap mahasiswanya bisa mendapatkan sebanyak mungkin ilmu dari kunjungan lapangan ini, apalagi bisa melihat langsung kegiatan pelaku usaha.

"Tentunya, mereka bisa belajar banyak dan keberhasilan UMKM ini bisa dijadikan tolak ukur, yang terpenting pengetahuan yang mereka peroleh akan menjadi bahan pembelajaran baik itu secara akademik maupun menjadi bekal mereka nanti ketika mempersiapkan diri untuk menjadi pelaku usaha dan terjun ke dunia usaha," ungkapnya.

Sementara itu, Mahasiswa Pascasarjana IPB, Saptaji menjelaskan, Kabupaten Karawang dijadikan tujuan kunjungan, karena kabupaten Karawang saat ini sudah tumbuh dengan pesat dimana industri besar maupun industri kecil menengah juga ikut berkembang.

"Hal tersebut dapat di lihat dari IKM atau UKM yang kami kunjungi, mulai dari Brownies Durian Lavanda yang sudah terkenal dan memiliki sedikitnya 7 cabang di Kabupaten Karawang, lalu ada Keripik Buah Pangga Snack yang kami lihat mereka sudah ekspor ke beberapa negara, dan kemudian ada PT. Pawon Sae Nusantara dengan salah satu ruang lingkup bisnis yang bisa dipelajari yaitu dari bisnis catering nya, dimana PT. Pawon Sae Nusantara ini sudah mampu menyediakan catering karyawan ke beberapa perusahaan besar dengan jaminan kualitas higienis, rasa yang enak dan harga yang terjangkau, baik untuk perusahaan yang berada di Kabupaten Karawang hingga yang berada di kawasan industri sekitar Cikarang dan Bekasi," paparnya yang juga sebagai Ketua Panitia kunjungan lapang.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut