get app
inews
Aa Read Next : Timnas Yordania Tembus ke Final Piala Asia 2023, usai Bungkam 2-0 Timnas Korea Selatan

Shin Tae-yong Ultimatum Timnas Jepang: Jangan Remehkan Timnas Indonesia!

Selasa, 23 Januari 2024 | 18:24 WIB
header img
Shin Tae-yong minta Jepang jangan meremehkan Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Timnas Jepang jangan pernah meremehkan negara-negara ASEAN jika tidak ingin menyesal.

Demikian ultimatum Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kepada Timnas Jepang yang merupakan lawan  di matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu 24 Januari 2024 malam WIB. 

Diketahui Timnas Indonesia dan Jepang akan menghadapi laga hidup dan mati di Al Thumama Stadium. Dibilang hidup mati karena kemenangan di laga ini akan menggaransi tiket lolos otomatis ke 16 besar Piala Asia 2023.

Bagi Jepang, hasil imbang sebenarnya sudah cukup meloloskan mereka ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D. Namun, skuad asuhan Hajime Moriyasu ini tetap mengincar kemenangan demi menebus dosa mereka yang tumbang 1-2 dari Irak di matchday kedua.

Meski Jepang mengincar kemenangan, Shin Tae-yong tidak gentar. Ia mengatakan sepakbola Asia Tenggara telah mengalami perubahan. Shin Tae-yong menilai Timnas Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam adalah tim bagus saat mentas di level Asia.

"Seperti yang Anda sebutkan, sekarang di Asia Tenggara kekuatan utama terus berubah. Terutama negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Tim-tim tersebut sangat kompatibel, bahkan di seluruh kompetisi Asia," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Jepang, Selasa (23/1/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan tim-tim yang menganggap remeh Asia Tenggara akan mendapatkan masalah besar. Shin Tae-yong menjelaskan tim-tim di ASEAN terus berkembang dan tak bisa dipandang sebelah mata.

"Jadi, saya ingin menyebutkan jika negara-negara (lainnya) tidak menghiraukan kemampuan Asia Tenggara, kalian telah melakukan kesalahan. Kami terus berkembang,” tegas pelatih 53 tahun ini.

Di Piala Asia 2023, Vietnam menjadi wakil ASEAN yang mencuri perhatian di laga pembuka. The Golden Stars -julukan Timnas Vietnam- membuat barisan pertahanan Jepang kewalahan meski harus menelan kekalahan 2-4.

Kemudian, Thailand menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang belum menelan kekalahan di Piala Asia 2023. Thailand saat ini menempati posisi runner-up Grup F dengan empat poin, hasil menang 2-0 atas Kirgistan dan bermain 0-0 kontra Oman.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut