get app
inews
Aa Read Next : Timnas Yordania Tembus ke Final Piala Asia 2023, usai Bungkam 2-0 Timnas Korea Selatan

Calon Lawan Timnas Indonesia jika Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Siapa Saja?

Selasa, 23 Januari 2024 | 15:36 WIB
header img
Berikut 5 negara calon lawan Timnas Indonesia jika lolos 16 besar Piala Asia 2023. (Foto: REUTERS)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Kemenangan 1-0 atas Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 pada Jumat, 19 Januari 2024 malam WIB, membuka jalan skuad Garuda menuju 16 besar.

Jika Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023, sebanyak 5 negara calon kuat yang akan dihadapi akan diulas redaksi. 

Sementara Timnas Indonesia otomatis lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D jika menang atas Jepang di matchday pamungkas Grup D , Rabu 24 Januari 2024 malam WIB. 

Namun sebaliknya  jika kalah atau imbang, Timnas Indonesia masih dapat mengintip peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Bahkan Timnas Indonesia bisa memastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 malam ini atau satu hari sebelum laga kontra Jepang digelar. Hal itu terjadi jika salah satu dari laga Suriah vs India (Grup B) dan Palestina vs Hong Kong (Grup C) berakhir imbang. Jika nantinya Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, siapa lawan skuad Garuda?

Berikut 5 negara calon lawan Timnas Indonesia jika lolos 16 besar Piala Asia 2023:

1. Timnas Korea Selatan

Timnas Indonesia akan menantang juara Grup E jika finis sebagai runner-up Grup D. Juara Grup E bisa diemban skuad Taeguk Warriors –julukanKorea Selatan– yang berstatus dua kali juara Piala Asia.

Meski saat ini kalah selisih gol dari Yordania, Korea Selatan bisa menyalip sang rival di matchday terakhir. Sebab, di matchday pamungkas Korea Selatan hanya akan bersua Malaysia, sedangkan Yordania bersua Bahrain.

Laga Timnas Indonesia kontra Korea Selatan bakal digelar di Al Thumama Stadium pada Rabu, 31 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Jadi jika lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, siapa lawan Timnas Indonesia?

2. Timnas Yordania

Timnas Yordania berpeluang besar finis sebagai juara Grup E dan akan menghadapi Timnas Indonesia jika skuad Garuda finis sebagai runner-up Grup D. Hal itu terjadi jika di akhir klasemen Grup E, Yordania unggul selisih gol atas Korea Selatan yang menempati posisi dua.

Saat ini setelah melalui dua pertandingan, Yordania dan Korea Selatan sama-sama mengoleksi empat angka. Yordania berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol, yakni +4 berbanding +2.

3. Timnas Uzbekistan

Selain Australia, Uzbekistan juga berpeluang finis sebagai juara Grup B. Uzbekistan finis sebagai juara Grup B jika menang atas Australia di matchday pamungkas Grup B Piala Asia 2023, Selasa (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

4. Timnas Australia

Jika finis sebagai peringkat tiga terbaik, Timnas Indonesia memiliki kemungkinan bersua juara Grup B. Jika melihat kondisi terkini, juara Grup B kemungkinan jatuh ke tangan Australia yang dalam dua laga awal meraih kemenangan.

Laga Australia vs Timnas Indonesia akan dilangsungkan di Jassim bim Hamad Stadium pada Minggu, 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Momentum menghadapi pemain-pemain kelas dunia yang dimiliki Australia dapat dijadikan pengalaman berharga bagi Timnas Indonesia.

5. Timnas Qatar

Qatar tampil impresif di tiga laga Grup A Piala Asia 2023 dengan menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan. Berturut-turut, Qatar menang 3-0 atas Lebanon, serta menumbangkan Tajikistan dan China 1-0.

Lolos ke 16 besar, Qatar akan menghadapi salah satu dari peringkat tiga terbaik yang berasal dari Grup C, D atau E. Jika tidak ada peringkat tiga terbaik dari Grup C, Qatar akan menghadapi Timnas Indonesia (dengan asumsi Timnas Indonesia finis peringkat tiga Grup D).

Jika laga ini terealisasi, bakal digelar di Stadion Al Bayt pada Senin, 29 Januari 2024 pukul 23.00 WIB. Hal itu berarti, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan bermain di hadapan puluhan ribu suporter tuan rumah.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut