get app
inews
Aa Read Next : Banyak Perumahan Belum Serah Terima Fasos Fasum, Komisi III DPRD Bakal Sidak Developer Bandel

DPRD Karawang Gelar Rapat Soal PT PPLI, Dewan Apresiasi, Tapi Ada Pesan Khusus

Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:01 WIB
header img
DPRD Karawang Gelar Rapat Soal PT PPLI, Dewan Apresiasi, Tapi Ada Pesan Khusus (Foto : iNewskarawang.id/Yogi Kurnia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - DPRD Komisi III Kabupaten Karawang gelar Rapat dengan PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLi) yang berencana akan membangun fasilitas pengelolaan limbah di Desa Karanganyar, Kecamatan Klari. 

Ketua Komisi III DPRP Karawang, H. Endang Sodikin menyampaikan apresiasinya kepada PPLi yang berupaya mengatasi permasalahan limbah di Kabupaten Karawang. 

Namun ia menggaris bawahi, PPLi harus betul-betul berkomitmen dan tidak hanya berpikir untuk keuntungan pribadi. 

"Saya mengapresiasi PPLi kalau memang bisa mengatasi permasalahan limbah di Karawang. Saya ingin komitmen dari PPLi, kalau hadir hanya untuk opportunity oriented, kemungkinan DPRD akan berpikir ulang," ujarnya pada Jum'at, 19 Januari 2024. 

Untuk kajian berikutnya DPRD ingin mengetahui secara detail agar transparansinya semakin jelas bagi publik khususnya masyarakat Karawang. 

"Kami DPRD ingin mengetahui secara detail, bila perlu hadirkan lembaga surveinya. Biar publik tau, biar kami tidak dituding oleh masyarakat," lanjutnya. 

Di samping itu, Ketua Forkadas Karawang, Erik Ramdani selaku aktivis lingkungan turut memberikan pendapat. Menurutnya, pengolahan limbah sebetulnya bisa menguntungkan Karawang apabila dijalankan dengan baik. 

"Terkait dampak dan segala macemnya kan masih dalam kajian, kalau pengolahannya seperti yang dipaparkan PPLi, sebetulnya menguntungkan untuk Kabupaten Karawang," katanya. 

Berdasarkan pengamatannya, persoalan limbah di Karawang banyak berasal dari perusahaan-perusahaan nakal. Sehingga dengan hadirnya PPLi ini tentu harus diawasi secara ketat, baik oleh Pemerintah Daerah maupun unsur lainnya. 

"Yang harus kita siapkan hari ini ketika PPLi berdiri di Karawang adalah pengawasan. Selagi terbaik buat Karawang, kita dukung. Tapi kalau ada masalah, kita gak segan-segan," tegasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut