get app
inews
Aa Read Next : Timnas Yordania Tembus ke Final Piala Asia 2023, usai Bungkam 2-0 Timnas Korea Selatan

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Timnas Irak, Ini Hitung-hitungan Ranking FIFA !

Senin, 15 Januari 2024 | 13:08 WIB
header img
Berikut hitung-hitungan ranking FIFA Timnas Indonesia jika menang, imbang atau kalah dari Irak di Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 pada Senin, (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Timnas Indonesia jika menang, imbang atau kalah dari Irak di Piala Asia 2023, redaksi akan mengulas hitung-hitungan ranking FIFA.

Timnas Indonesia pantang kalah di laga ini. Sebab, jika tumbang dari Irak, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 praktis mengecil.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong paham kondisi timnya langsung terjepit sejak laga pertama. Ia pun menjanjikan Timnas Indonesia bermain jauh lebih baik dalam laga malam ini ketimbang saat kalah 1-5 dari Irak di matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia medio November 2023

"Jadi, sekali lagi saya tidak bisa mengungkapkan (prediksi spesifik) untuk hasil akhir (melawan Irak). Akan tetapi, Anda bisa menantikan (penampilan) yang lebih baik jika dibandingkan dengan pertemuan terakhir melawan Irak (di kualifikasi Piala Dunia 2026)," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga pada Minggu, 14 Januari 2024 siang WIB.

Jika Timnas Indonesia tampil mengejutkan dengan semisal mengalahkan Irak, apakah posisi skuad asuhan Shin Tae-yong langsung meroket di ranking FIFA? Mengutip dari laman Football-Ranking.com, Timnas Indonesia akan meraup 26,71 poin tambahan di ranking FIFA jika berhasil menumbangkan Irak.

Berhubung poin Timnas Indonesia di ranking FIFA saat ini adalah 1,061.91 angka (kehilangan 2,71 poin setelah kalah dari Libya), poin skuad Garuda mencapai 1,088.65 angka andai menang atas Irak. Hasil itu membuat Timnas Indonesia naik dari delapan posisi dari tangga 146 ke 138 dunia.

Sebanyak delapan negara yang digeser Timnas Indonesiaadalah Bostwana, Ethiopia, Suriname, Antigua dan Barbuda, Turkmenistan, Filipina, Burundi dan Lihthuania. Jika ini terjadi, tentunya sangat luar biasa.

Namun, bagaimana jika hasil imbang yang didapat? Jika imbang, Timnas Indonesia meraup 9,21 poin.

Tambahan poin di atas membuat Timnas Indonesia naik dua posisi dari peringkat 146 ke 144 dunia menggeser Bostwana dan Ethiopia.

Lantas, bagaimana jika kalah? Jika kalah, Timnas Indonesia kehilangan 8,29 poin. Kekalahan ini membuat skuad asuhan Shin Tae-yong bisa merosot ke peringkat 149 dunia digeser St Kitts and Nevis, Lesotho dan Eswatini.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut