get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Jabatan sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-20 Diterima Indra Sjafri, Ini Alasannya!

Kamis, 04 Januari 2024 | 13:53 WIB
header img
Indra Sjafri saat ini tengah memimpin TC Timnas Indonesia U-20 di Jakarta (Foto: Andika Rachmansyah/MPI)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Indra Sjafri mengatakan dirinya ingin menyiapkan generasi baru pemain muda Indonesia. Ini yang menjadi alasan mengapa dia ingin melatih Timnas Indonesia U-20. 

Sebagaimana diketahui, PSSI telah menunjuk Indra Sjafri untuk melatih Timnas Indonesia U-20. Saat ini, skuad Garuda Nusantara pun telah menyiapkan skuadnya untuk mengarungi beberapa agenda penting di tahun 2024 seperti Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20.

Terkait mengapa dirinya ingin mengemban jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20. Ternyata Pelatih asal Sumatera Barat itu memiliki misi mulia karena ingin menyiapkan generasi baru untuk pemain U-20 Indonesia.

“Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh PSSI ke saya, yaitu diberikan tugas baru, yaitu menjadi pelatih Timnas U-20. Kenapa alasan saya mau menerima? Saya ingin menyiapkan generasi baru U-20 kembali,” ungkap Indra Sjafri kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Kamis (4/1/2024).

Untuk mewujudkan misinya itu, Indra Sjafri telah menjelaskan kepada Ketum PSSI Erick Thohir betapa pentingnya untuk menciptakan generasi baru secara berkelanjutan. Mantan pelatih Bali United ini juga mengungkapkan akan membentuk Timnas Indonesia U-17.

“Saya bicara dengan Pak Ketum bahwa kita perlu generasi baru yang secara terus-menerus kita bina, yaitu dengan memperbaiki persiapan tim nasional U-20 dan U-17. Jadi setelah ini kita juga akan membentuk tim nasional U-17,” ujarnya.

Indra Sjafri menyampaikan kalau membentuk skuad Timnas Indonesia U-20 yang berkualitas, tentu tak luput dari pembinaan klub yang baik. Ditambah lagi, pemain yang dipanggil ke TC saat ini juga ada sebagian eks Timnas Indonesia U-17. Selain itu, dia juga menjelaskan kalau tidak akan menutup mata mengenai pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia untuk masuk ke dalam skuadnya nanti.

“Tentu tidak terlepas dari kualitas pemain yang muncul di tim nasional itu adalah berkat dari klub-klub yang melakukan pembinaan dengan baik, yang kami pantau dari kompetisi-kompetisi yang ada di EPA, Suratin, dan Liga 3,” imbuh Indra Sjafri.

"Dan ditambah kemarin sumber pemainnya dari tim nasional U17 yang dapat pengalaman piala dunia U17 di Indonesia. Dan di tim ini baru kami bentuk. Pertanyaannya, siapa saja yang boleh menjadi pemain tim nasional? satu yang punya paspor Indonesia. Kalau belum punya paspor Indonesia, dan saya meminta ke PSSI dengan kualitas yang lebih, itu pelatih tim nasional mengajukan kepada PSSI untuk bisa dia dinaturalisasi kalau memang dia istimewa. Ini pemain keturunan-keturunan yang sudah punya paspor Indonesia,” tambahnya.

Dibawah komando Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-20 telah menjalani pemusatan latihan (TC) sejak 23 Desember 2023. Saat itu, skuad Garuda Nusantara menggelar TC di Turki yang berlangsung hingga 28 Desember 2023 dan saat ini melanjutkan TC tahap kedua di Jakarta yang akan berakhir pada 28 Januari mendatang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut