get app
inews
Aa Read Next : Bela Palestina, 4 Artis Indonesia Ikut Aksi All Eyes on Rafah di Depan Kedubes AS

Artis Rieke Diah Pitaloka Berhasil Pulangkan Korban TPPO Dede Asiah Ke Indonesia

Selasa, 02 Januari 2024 | 11:44 WIB
header img
Artis Rieke Diah Pitaloka Berhasil Pulangkan Korban TPPO, Dede Asiah Ke Indonesia /Okezone

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Artis Rieke Diah Pitaloka berhasil membantu seorang imigran asal Karawang, Jawa Barat bernama Dede Asiah (37) pulang ke Tanah Air. 

Diketahui Dede sendiri merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Suriah.

Perempuan 37 tahun itu kini sudah bertemu dengan keluarganya per tanggal 19 Desember kemarin.

"Alhamdulillah, akhirnya Dede Asiah bisa pulang. Bulan Maret kita mengadvokasi, panjang banget perjalananya, penuh lika-liku, penuh drama, tapi berkat dukungan banyak pihak, akhirnya bisa pulang, ketemu lagi dengan keluarga," ungkap Rieke Diah Pitaloka, saat ditemui di daerah Karawang, Jawa Barat pada Rabu, 27 Desember kemarin.

Rieke Diah Pitaloka mengatakan, berhasil membawa Dede Asiah kembali pulang ke Indonesia, menjadi salah satu bukti keseriusan untuk memerangi TPPO. 

Bahkan dalam menangani kasus Dede Asiah, ia sempat mendatangi kantor Kemenko Polhukam dan bertemu dengan calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, guna meminta dukungan.

"Ini adalah bukti keseriusan untuk memulangkan pekerja migran Imdonesia yang menjadi korban TPPO," beber Rieke.

"Setelah Dede Asiah, masih ada sekitar 40 orang PMI yang masih tertahan di Suriah," sambungnya.

Sebagai pengingat, pada awal 2023 lalu, publik sempat dihebohkan dengan kabar bahwa Dede Asiah menjadi korban perdagangan manusia. Awalnya, ia diiming-imingi pekerjaan di Turki dengan gaji USD 600.

Namun nahas, ia justru dijual ke Suriah dengan harga USD 12000 dan dipaksa bekerja hingga larut malam.

Disaat bersamaan, Dede sendiri sempat mengeluhkan rasa sakit pada bagian perutnya. Hal itu terjadi lantaran ia pergi bekerja sebagai PMI usai melahirkan anak pertamanya.

Viralnya video tersebut di sosial media, membuat Rieke pada 11 April 2023 menyambangi kantor Kementerian Koordinasi bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) dan berkoordinasi dengan Mahfud Md guna meminta dukungan untuk memerangi TPPO. Selanjutnya, ia juga sempat menyambangi Polres Karawang hingga Komnas HAM guna membongkar sindikat TPPO dan mengadukan nasib Dede.

Tak berhenti sampai disitu, Rieke juga sempat menyambangi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dan meminta perlindungan untuk Dede.

Setelah sembilan bulan menjadi korban perdagangan manusia, kini Dede pun berhasil dipulangkan. Kembalinya ia ke Indonesia tak luput dari usaha Rieke Diah Pitaloka dan Calon Wakil Presiden RI, Mahfud MD, Polres Karawang, Komnas HAM dan Kemenlu RI.

Saat ini, kondisi Dede bisa dikatakan masih mengalami trauma akibat kekerasan yang diterima saat berada di Suriah.

"Kondisinya masih ada trauma psikis karena ada kekerasan fisik dan verbal. Dia juga ada penyakit batu empedu," jelas dokter Farina, sahabat Rieke Diah Pitaloka.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut