get app
inews
Aa Read Next : Indeks Pendidikan di Karawang Tak Capai Target, Anggota Komisi IV Minta Bupati Evaluasi Kebijakan

Mega Proyek Jembatan Walahar Rampung Dikerjakan, Langsung Diresmikan Pj Gubernur Jabar

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:36 WIB
header img
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (kiri) bersama Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh (kanan), (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Mega proyek pembangunan jembatan walahar di Kabupaten Karawang telah rampung dikerjakan pada Rabu, (27/12/2023). Jembatan bernilai fantastis itu diresmikan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin didampingi Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh.

Diketahui, pembangunan jembatan Walahar itu menelan anggaran hingga Rp.43,7 Miliar menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Barat dan dikerjakan dalam 2 tahap.

"pembangunan Jembatan Walahar tersebut dilakukan dalam dua tahap, pertama dilakukan pada tahun 2019 dengan anggaran sebesar Rp16,7 miliar lebih. Kemudian tahap kedua di tahun 2023 sebesar Rp32 miliar," paparnya.

Gubernur berharap, hadirnya jembatan walahar di Karawang ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Karawang.

"Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Klari dengan Ciampel, harapan saya dengan hadirnya jembatan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti peningkatan ekonomi," katanya.

Bey menambahkan, pihaknya juga melakukan peningkatan jalan Telagasari - Pagadungan Karawang sepanjang 5 kilometer. Namun, masih ada 12 kilometer lagi terkait peningkatan jalan milik Kabupaten Karawang.

"Saat ini baru dilakukan peningkatan jalan di Telagasari sepanjang 5 kilometer. Tadi info dari pak bupati total jalan 12 kilometer, nanti bisa dibahas kembali. Termasuk infrastruktur lain masih dalam pembahasan. Semoga bisa terealisasi secepatnya. Dan ini untuk Karawang lebih maju,” tuturnya.

Sementara, Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengatakan, pihaknya bersama masyarakat Karawang sangat berterima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah merealisasikan dan menuntaskan pembangunan Jembatan Walahar.

Pembangunan Jembatan Walahar ini sempat yang dimulai sejak tahun 2019 ini sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Sehingga Alhamdulillah pak Gub ini bisa dilanjutkan pada tahun 2023 dan sekarang bisa digunakan," katanya.

Aep menilai keberadaan Jembatan Walahar sangat penting, dan sangat bermanfaat buat masyarakat Karawang.  Jembatan ini menghubungkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Klari dan Ciampel. 

"Dengan keberadaan jembatan ini, roda perekonomian bisa berjalan,” ujar Bupati Aep.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut