Logo Network
Network

Aksi Unik! Panda Duduk di Kursi dan Makan Seperti Manusia, Netizen Curiga : Panda Asli atau Palsu ?

Yesica Kirana/Boby
.
Kamis, 30 November 2023 | 20:20 WIB
Aksi Unik!  Panda Duduk di Kursi dan Makan Seperti Manusia, Netizen Curiga : Panda Asli atau Palsu ?
Viral panda duduk dan makan seperti manusia. (Foto: Shutterstock/New York Post)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Aksi unik ini terjadi di Kebun Binatang Chongqing, China, empat ekor panda makan sambil duduk di kursi yang melingkari meja layaknya manusia.

Peristiwa tersebut viral di media sosial. Namun muncul berbagai spekulasi dari netizen apakah itu asli atau palsu?

Kebun Binatang Chongqing sudah beberapa kali memamerkan aksi unik panda. Beberapa waktu lalu, pihak kebun binatang itu mengunggah ke media sosial beruang yang berdiri tegak layaknya manusia. Tak sedikit warganet menuding itu adalah manusia berkostum beruang.

Kali ini Kebun Binatang Chongqing kembali perbincangan karena menampilkan empat panda yang duduk di kursi yang melingkari meja layaknya manusia sambil makan.

Mengutip dari New York Post, Rabu (29/11/2023), video berdurasi 44 detik itu menampilkan empat beruang hitam dan putih berjalan menuju meja, duduk di kursi, dan menyantap makanan dengan gaya menyerupai manusia di dalam kandang mereka.

Kecurigaan akan adanya penipuan muncul dengan cepat di platform media sosial, termasuk X. "Apakah bisa dipastikan itu bukan manusia yang mengenakan pakaian panda?" komentar seorang pengguna seperti dilaporkan oleh Daily Mail.

"Video ini hanya memperkuat keyakinan saya bahwa panda sebenarnya adalah manusia yang berpakaian panda. Itu bukan hewan sejati," tambah yang lain.

"Saya bahkan tidak akan keberatan jika itu adalah seseorang yang mengenakan setelan jas. Paling tidak, itu adalah beruang lain yang tidak terkurung," timpal yang lain.

Namun, ada juga yang menganggap perilaku panda-panda itu wajar.

"Duduknya di akhir video sangat autentik, (panda) melakukannya persis seperti beruang. Sulit bagi manusia untuk duduk dengan santai seperti itu," tulis salah satu warganet.

Makan malam empat beruang ini mengingatkan pada insiden musim panas sebelumnya di Kebun Binatang Hangzhou, yang melibatkan seekor beruang madu Malaysia yang mencurigakan seperti manusia bernama Angela, yang terlihat berdiri dengan sempurna menggunakan kaki belakangnya.

Para ahli, bersama dengan pihak kebun binatang, menyatakan bahwa Angela bukanlah penipu. Sejak insiden tersebut, kebun binatang ini melaporkan peningkatan jumlah pengunjung sebesar 30%, dengan 20.000 orang mengunjunginya setiap hari.

Namun, konsep hewan kebun binatang palsu ini, seperti tuduhan anjing dicat seperti serigala dan keledai yang diubah seperti zebra di Cina, bukanlah sesuatu yang dianggap enteng.

Pada tahun 2009, Taipei Times di Taiwan menerbitkan artikel sindiran tentang April Mop yang bercanda, bahwa dua panda yang diberikan oleh pemerintah China kepada Kebun Binatang Taipei sebenarnya adalah beruang hutan yang dicat coklat. Kebun binatang tersebut kemudian melepaskan binatang buas sebagai respons terhadap kemarahan publik.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini