get app
inews
Aa Read Next : Rumah Bordil Jaringan Prostitusi Kelas Atas Terbongkar, Siapa Saja Kliennya ?

Hakim di AS yang Viral di TikTok, Inilah Sosok Frank Caprio !

Selasa, 28 November 2023 | 21:32 WIB
header img
Frank Caprio. (Foto: Providence Journal)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Seorang pengacara dan politikus Amerika Serikat (AS) Francesco Caprio yang menjabat sebagai hakim ketua pengadilan kota Providence, Rhode Island. 

Tak hanya itu, ia juga mengetuai Dewan Gubernur Pendidikan Tinggi Rhode Island. Laki-laki kelahiran 24 November 1936 itu kiprahnya dalam bidang peradilan  terkenal melalui tayangan televisi Caught in Providence, yang memperlihatkan beberapa kasus hukum yang ditangani.

Video ruang sidangnya menjadi viral pada 2017, mencapai lebih dari 15 juta penayangan.

Caprio telah menjalani lebih dari 50 tahun pernikahan dengan Joyce E. Caprio.

Pasangan ini diberkahi dengan lima orang anak, yaitu Frank T. Caprio, David Caprio, Marissa Caprio Pesce, John Caprio, dan Paul Caprio. Selama perjalanan hidup mereka, Caprio dan Joyce juga diberkahi dengan tujuh cucu dan dua cicit.

Caprio dilahirkan dalam lingkungan Italia-Amerika di Federal Hill, Providence, sebagai anak kedua dari tiga bersaudara.

Orang Tuanya adalah Antonio Caprio, seorang imigran dari Teano, Italia, dan Filomena Caprio. Caprio kecil sering membantu ayahnya yang bekerja sebagai pengantar susu.

Masa sekolah Caprio dihabiskan di sekolah umum Providence sambil bekerja sebagai pencuci piring dan penyemir sepatu.

Ia lulus dari Sekolah Menengah Atas, dimana ia meraih gelar di negara bagian dalam pertandingan gulat pada 1953.

Gelar sarjana diperolehnya dari Providence College. Setelah lulus, ia mulai mengajar pemerintahan Amerika di Hope High School di Providence.

Sambil mengajar di Hope, Caprio juga menghadiri sekolah malam di Suffolk University School of Law di Boston, membuka jalan baginya untuk masuk ke dunia hukum.

Caprio juga bertugas di Garda Nasional dari 1954 hingga 1962 di Batalyon Insinyur Tempur ke-876. Selama berada di Garda Nasional, ia ditempatkan di Kamp Varnum di Narragansett dan Fort Indiantown Gap di Pennsylvania.

Caprio memulai karier politiknya dengan terpilih sebagai anggota Dewan Kota Providence pada 1962 dan menjabat hingga 1968.

Pada 1970, ia mencalonkan diri sebagai Jaksa Agung Rhode Island namun kalah dalam pemilihan umum dari Richard J. Israel yang berasal dari Partai Republik.

Ia kemudian terpilih sebagai delegasi Konvensi Konstitusi Rhode Island pada 1975 dan menjadi delegasi dalam lima Konvensi Nasional Partai Demokrat.

Pada jabatannya sebagai pemimpin Dewan Gubernur Pendidikan Tinggi Rhode Island, Caprio memegang kendali atas keputusan-keputusan kunci di Universitas Rhode Island, Rhode Island College, dan Community College of Rhode Island.

Sejak 1985, ia menjabat sebagai Hakim Pengadilan Kota Providence. Proses yang dipimpinnya, menampilkan kutipan tingkat rendah, disiarkan di televisi lokal selama lebih dari dua dekade.

Serial TV Caprio, "Caught in Providence," berasal dari televisi akses PEG di Rhode Island dan pertama kali ditayangkan oleh stasiun ABC WLNE-TV pada 2000, yang tayang pada slot waktu larut malam pada Sabtu.

Namun setelah jeda, "Caught in Providence" kembali pada 2015 dan ditayangkan setelah siaran berita jam 11 pada hari Sabtu hingga September 2017.

Klip dari acara ini menjadi viral pada 2010-an dan mendapat liputan dari organisasi media di seluruh dunia, termasuk NBC News.

Pada 24 September 2018, "Caught in Providence" masuk ke sindikasi nasional dan diperbarui untuk musim sindikasi kedua pada Januari 2019.

Selain karier politik dan hukumnya, Caprio juga merupakan mitra di Coast Guard House Restaurant di Narragansett, Rhode Island.

Caprio akhirnya memasuki masa pensiun pada Januari 2023.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut