get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasannya Garuda Muda Berpeluang Lolos Olimpiade Paris 2024, Gantikan Israel U-23 ?

Timnas Indonesia U-23 bisa Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023 Meski Kalah 1-2 dari Malaysia U-23

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 17:34 WIB
header img
Peluang Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala AFF U-23 2023 masih terbuka masih kalah 1-2 dari Malaysia. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Laga perdana skuad Garuda Muda di Piala AFF U-23 2023 ternyata tidak berjalan manis untuk pasukan Shin Tae-yong.

Pasalnya Timnas Indonesia U-23 dibuat tak berdaya oleh Harimau Malaya Muda pada Jumat 18 Agustus 2023. Sejatinya Timnas Indonesia U-23 sempat unggul 1-0 berkat gol Ramadhan Sananta di menit 29. Laga tersebut berlangsung di Rayong Province Stadium, Thailand.

Kemudian Malaysia dapat membalas lewat dua gol Fergus Tierney (54’ dan 63’) yang baru masuk di babak kedua. Kini dengan kekalahan 1-2 itu membuat langkah Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal cukup berat.

Meski berat, bukan berarti tidak mungkin terjadi. Malahan sejatinya Timnas Indonesia U-23 masih memiliki dua opsi untuk bisa mencapai semifinal Piala AFF U-23 2023.

Opsi pertama adalah Timnas Indonesia U-23 masih bisa lolos ke semifinal dengan menjadi juara Grup B. Namun, peluang ini terbilang sangat kecil terjadi dan lebih ke mustahil.

Sebab Grup B terdiri dari Timnas Indonesia U-23, Malaysia, dan Timor Leste. Di atas kertas, kekuatan Timor Leste masih di bawah Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia.

Sehingga untuk bisa menjadi juara Grup B, Timnas Indonesia U-23 harus menang besar atas Timor Leste dan di sisi lain Malaysia tumbang kala melawan Timor Leste. Masalahnya, kemungkinan besar Malaysia mampu menang atas Timor Leste.

Sehingga nantinya jika Malaysia benar menang atau setidaknya seri atas Timor Leste, maka harapan Timnas Indonesia U-23 lolos sebagai juara Grup B sirna. Sebab maksimal perolehan poin Garuda Muda hanya 3 poin (jika menang atas Timor Leste), sementara Malaysia seri saat melawan Timor Leste saja sudah mengantongi 4 angka.

Jadi, peluang terbesar Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal adalah dengan mengharapkan status runner-up terbaik. Perlu diketahui, Piala AFF U-23 2023 terbagi menjadi tiga grup.

3 negara yang menjadi juara di masing-masing grup berhak ke semifinal dan satu slot lagi akan diambil dari runner-up terbaik dari tiga grup tersebut. Jalan inilah yang bisa menjadi harapan terbaik pasukan Shin Tae-yong ke semifinal.

Kabar baiknya, di Grup C Filipina dan Laos sudah berjumpa dan berakhir 2-2. Kedua tim itu akan menghadapi Vietnam di pertandingan tersisa. Di atas kertas, Vietnam jelas lebih unggul dan diprediksi bisa menang atas Filipina dan Laos.

Jika itu terjadi, maka dari Grup C peringkat kedua hanya memiliki 1 poin. Andai Timnas Indonesia U-23 menang atas Timor Leste saja mereka sudah unggul karena mengoleksi 3 poin.

Kini yang menjadi masalah di Grup A. Saat ini Kamboja dan Thailand bersaing di peringkat teratas usai sama-sama menang di laga perdana. Namun, kemungkinan besar Thailand akan menjadi juara Grup A, dan lawan Timnas Indonesia U-23 dalam perebutan runner-up terbaik tampaknya akan fokus kepada Kamboja atau bahkan Myanmar.

Itulah dua skenario agar Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Menginca runner-up terbaik menjadi hal yang paling realistis, namun itu pun dapat terjadi jika Garuda Muda mampu menumbangkan Timor Leste terlebih dahulu pada Minggu 20 Agustus 2023.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut