get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: Pulau Karatung Sulut Diguncang Gempa Besar Berkekuatan M7,0

Ikan Kiamat Raksasa Ditemukan Penyelam, Kabarnya Bawa Mitos?

Sabtu, 29 Juli 2023 | 02:17 WIB
header img
Ikan Kiamat. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Ikan kiamat berukuran raksasa yang naik ke permukaan laut ditemukan penyelam di laut Taiwan.

Ikan kiamat atau sebutan lain ikan oarfish tersebut memiliki ukuran yang besar dan kabarnya membawa mitos.

Kehadiran oarfish kembali mencuatkan dugaan akan hadirnya potensi bencana alam berskala besar. Dari sisi mitos, oarfish kerap dihubung-hubungkan dengan potensi bencana alam berskala besar.

Hal itu bermula dari cerita rakyat Jepang yang percaya bahwa penampakan oarfish adalah pertanda bencana yang akan datang. Ikan itu bahkan diberi nama khusus oleh masyarakat negeri matahari terbit yakni ryugu no tsukai yang artinya pembawa pesan dari kerajaan tuhan.


Legenda Jepang percaya bahwa oarfish merupakan pelayan Ryujin sang Dewa Laut. Ikan tersebut membawa pesan dari Ryujin bahwa akan terjadi gempa di daratan.

Kemunculan oarfish di Jepang pernah terjadi menjelang gempa di Tohoki dan bencana nuklir di Fukishima. Hanya saja ilmuwan mengatakan tak ada hubungan antara kemunculan oarfish dan kondisi Bumi.

"Tak ada bukti sains yang menunjukkan ada keterkaitan antara oarfish dan bencana. Menurut saya, masyarakat tak perlu khawatir," kata Profesor Ilmu Perikanan dari Kagoshima University, Hiroyuki Motomura, dikutip dari New York Post.

"Menurut saya, oarfish muncul ke permukaan ketika kondisi habitat mereka sedang buruk. Oleh karena itu, biasanya mereka ditemukan manusia dalam keadaan tak bernyawa," tambahnya..

Selain itu, ikan tersebut semakin mencuri perhatian karena bentuk dan gerakannya yang tidak biasa. Berbeda dengan ikan lain yang bergerak secara horisontal, ikan itu malah bergerak vertikal.

"Banyak hewan menakjubkan yang bisa ditemukan di timur laut Taiwan. Namun, ini adalah kali pertama saya bertemu oarfish raksasa," kata Wang Cheng-Ru, salah satu penyelam yang kemudian merekam fenomena tak biasa itu dan mengunggahnya di Instagram.

Sejatinya oarfish memang memiliki ukuran yang sangat besar dibanding ikan-ikan pada umumnya. Ukuran normal oarfish bisa mencapai tiga meter. Hanya saja oarfish yang dilihat Wang Cheng-ru ukurannya jauh lebih besar lagi. Tidak heran jika oarfish yang naik ke permukaan laut Taiwan itu langsung bikin geger.

Sebelumnya Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono juga pernah menanggapi kehebohan munculnya oarfish ke permukaan. Pasalnya oarfish juga pernah naik ke permukan laut Selayar, Sulawesi Selatan.

Dikutip situs Kominfo, Daryono mengatakan berdasarkan kajian statistik jenis ikan laut dalam seperti oarfish yang muncul di perairan dangkal tidak berarti bahwa gempa akan segera terjadi.

Menurutnya fenomena itu terjadi karena kondisi upwelling. Dimana upwelling adalah sebuah fenomenaair laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan. "Dalam fenomena upwelling biasanya menyebabkan kemunculan ikan dari laut dalam ke permukaan," sebutnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut