get app
inews
Aa Read Next : Real Madrid Tembus Perempatfinal di Liga Champions 2023-2024,Meski Ditahan Imbang RB Leipzig 1-1

Madrid dan MU Takkan Satu Grup! Berikut Pembagian Pot Drawing Liga Champions 2023-2024

Rabu, 14 Juni 2023 | 18:09 WIB
header img
Real Madrid tidak akan segrup dengan Manchester United di fase grup Liga Champions 2023-2024 (Foto: REUTERS)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Real Madrid dan Manchester United tidak akan mungkin berada dalam satu grup karena sama-sama masuk pot 2.

Hal ini berdasarkan Daftar Pembagian Pot Drawing Liga Champions 2023-2024.

Sebagaimana diketahui Liga Champions 2022-2023 baru saja selesai di akhir pekan lalu, dengan Manchester City menjadi juaranya setelah mengalahkan Inter Milan 1-0 di final. Kini, kita beralih kepada Liga Champions 2023-2024.

Namun sudah ada 26 tim yang dipastikan lolos melalui jalur kualifikasi domestiknya masing-masing. Juara Liga Eropa, Sevilla, juga otomatis mendapatkan tiket lolos ke fase grup setelah mengalahkan AS Roma di final Liga Eropa 2022-2023 lewat adu penalti.

Manchester City selaku juara bertahan dan juara Liga Inggris tentu masuk ke pot 1. Demikian pula dengan Sevilla selaku juara bertahan Liga Eropa.

Selain itu, para juara liga domestik dari enam liga terbaik Eropa mendapat jatah mengisi pot 1. Mereka adalah Barcelona, Napoli, Bayern Munich, Paris Saint-Germain, Benfica, dan Feyenoord.

 

Di pot 2 adalah tim-tim kuat yang dipilih berdasarkan koefisien UEFA. Di sini, Real Madrid dan Manchester United bersanding. Jadi, mereka tidak akan mungkin berada dalam satu grup nantinya.

Ada pula sang finalis Inter Milan bersama tim peringkat kedua Liga Inggris, Arsenal. Empat tim lainnya adalah Borussia Dortmund, Atletico Madrid, FC Porto, dan RB Leipzig.

Di pot 3, ada dua tim Italia, yaitu AC Milan dan Lazio. Selain itu, ada tiga tim lainnya, yaitu Shakhtar Donetsk, Red Bull Salzburg, dan Red Star Belgrade.

Newcastle United berpotensi berada di pot 3 ini. Namun, itu akan bergantung dengan tim apa saja yang lolos dari jalur playoff. Bersama dengan Celtic dan Real Sociedad, Newcastle bisa berada di pot 3 atau 4.

Di pot 4, baru ada dua tim yang bisa dipastikan kehadirannya, yaitu Lens dan Union Berlin. Sedangkan enam tim lainnya nanti akan ditentukan melalui kualifikasi dan playoff.

Ada beberapa tim kuat yang masuk jalur playoff ini, di antaranya adalah Olympique Marseille dan PSV Eindhoven. Babak kualifikasi pertama akan dimainkan pada 11-12 Juli 2023 selagi laga playoff terakhir dimainkan pada 29-30 Agustus 2023.

Daftar Pembagian Pot Liga Champions 2023-2024

Pot 1: Manchester City, Sevilla, Barcelona, Napoli, Bayern Munich, Paris Saint-Germain, Benfica, Feyenoord.

Pot 2: Real Madrid, Manchester United, Inter Milan, Borussia Dortmund, Atletico Madrid, RB Leipzig, FC Porto, Arsenal.

Pot 3: Shakhtar Donetsk, Red Bull Salzburg, AC Milan, Lazio, Red Star Belgrade.

Pot 3 atau 4: Newcastle United, Real Sociedad, Celtic.

Pot 4: Lens, Union Berlin

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut