get app
inews
Aa Read Next : Manchester City ke Perempatfinal Liga Champions 2023-2024, usai Libas FC Copenhagen 3-1

Siapa Saja 8 Klub yang Pernah Raih Treble Winners, Nomor 1 Manchester City!

Minggu, 11 Juni 2023 | 11:52 WIB
header img
Berikut 8 klub yang pernah raih treble winners (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Meraih treble winners merupakan satu pencapaian terbaik sebuah klub sepanjang sejarah. Biasanya, istilah treble winners disematkan kepada klub yang berhasil meraih dua gelar juara di kompetisi domestik plus satu kompetisi di tanah Eropa.

 

Manchester City, yang baru saja memastikan juara Liga Champions 2022-2023, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB, salah satu dari 8 klub yang pernah raih treble winners.

 

Sejauh ini baru ada delapan klub saja yang berhasil menorehkan prestasi tersebut. Lantas, siapa saja 8 klub yang dimaksud?

 

Berikut daftar 8 klub yang pernah raih treble winners:

 

8. Celtic

 

Dimulai dari Glasgow Celtic. Klub asal Skotlandia ini berhasil menorehkan treble winners pada musim 1966-1967.

 

Bahkan, Celtic tak cuma menjuarai tiga kompetisi saja. Celtic berhasil membawa pulang empat trofi dalam satu musim. Gelar juara itu meliputi Liga Skotlandia, Piala Skotlandia, Liga Piala Skotlandia, dan Liga Champions.

 

7. Ajax Amsterdam

 

Kemudian ada Ajax Amsterdam, klub asal Belanda. Sejarah mencatat, Ajax Amsterdam pernah menjuarai tiga trofi major sejauh ini.

 

Itu ditorehkan pada musim 1971-1972. Adapun treble winners yang diraih Ajax Amsterdam meliputi juara Liga Belanda, Piala Belanda, dan Liga Champions.

 

6. PSV Eindhoven

 

Tak hanya Ajax Amsterdam, klub Belanda lain yang pernah meraih treble winners adalah PSV Eindhoven. Itu diraih PSV Eindhoven pada musim 1987-1988.

 

Ketika itu berjuluk Boeren tersebut berhasil memenangkan tiga kompetisi bergengsi. Di antaranya, Liga Belanda, Piala Belanda, dan Liga Champions.

 

5. Barcelona

 

Beranjak ke posisi kelima, ada Barcelona. Tim asal Catalunya ini pernah menorehkan treble winners dua kali.

 

Capaian itu diraih pada musim 2008-2009 dan 2014-2015. Ketika itu, Barcelona menjuarai Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions.

 

4. Inter Milan

 

Berikutnya ada Inter Milan. Treble winners Inter Milan diraih pada musim 2009-2010. Saat itu, Nerazzurri (julukan Inter Milan) ditangani oleh Jose Mourinho.

 

Inter Milan berhasil memboyong gelar juara Liga Italia, Coppa Italia, dan Liga Champions. Keberhasilan itu membawa Inter Milan jadi satu-satunya tim asal Italia yang berhasil menorehkan gelar tersebut.

 

3. Bayern Munich

 

Tak hanya dari Belanda, Spanyol, dan Italia, ada juga tim asal Jerman yang berhasil menorehkan treble winners. Tim yang dimaksud adalah Bayern Munich.

 

Die Roten (julukan Bayern Munich) sukses menorehkan treble winners dua kali, yaitu di musim 2012-2013 dan 2019-2020). Bayern Munich berhasil menyabet gelar juara Liga Jerman, DFB Pokal, dan Liga Champions.

 

2. Manchester United

 

Selanjutnya ada Manchester United. Tim raksasa asal Inggris ini sukses menyabet treble winners pada 1998-1999.

 

Ketika itu, di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Manchester United menjuarai Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Manchester United jadi tim pertama asal Inggris, yang menorehkan kesuksesan tersebut.

 

1. Manchester City

 

Di posisi pertama ada Manchester City. Tim berjuluk The Citizens ini menggila di musim 2022-2023. Bagaimana tidak, tim asuhan Pep Guardiola ini berhasil menorehkan treble winners untuk pertama kalinya.

 

Manchester City berhasil menjuarai Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Untuk gelar Liga Champions, berhasil ditorehkan usai mengalahkan Inter Milan 1-0 di final pada Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut