get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada saat Berlibur ke Pantai di Karawang

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Ratusan Orang Bersihkan Sampah di Pantai Pasir Putih Karawang

Sabtu, 10 Juni 2023 | 15:59 WIB
header img
Ratusan Orang Bersihkan Sampah dalam rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup di Pantai Pasir Putih Karawang. (Foto: iNews Karawang / Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ratusan orang mulai dari anak sekolah dasar sampai nelayan di pesisir Karawang kompak bersihkan sampah di Pusat Restorasi Pembelajaran Mangrove (PRPM) Pasir Putih, Pantai Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Sabtu (10/6/2023).   

 

Kegiatan bersih sampah pesisir atau coastal clean up serentak dilakukan di seluruh pesisir Indonesia dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia. 

 

Di Kabupaten Karawang, program ini diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dikomandoi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, dan bersinergi dengan Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) sebagai pelaksana kegiatan. 

 

Kegiatan ini dihadiri jajaran manajemen PHE ONWJ, perwakilan KLHK, DLH Provinsi Jabar, DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Karawang, DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Karawang, dan SKK Migas.


Dari siswa sampai nelayan turut membersihkan pantai. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Seperti diketahui, coastal clean up merupakan gerakan lingkungan mendunia yang telah berjalan selama 37 tahun. Dimulai sejak 1986. Gerakan ini telah diikuti dan dilakukan di lebih dari 150 negara.

 

Sementara, total sampah yang terkumpul dari coastal clean up di Pasir Putih Karawang adalah 408 kilogram. Terdiri dari sampah organik 147 kilogram, sampah anorganik 261 kilogram. 

 

General Manager Zona 5 PHE ONWJ, Achmad Agus Miftakhurrohman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat. 

 

selain coastal clean up juga dilaksanakan penanaman mangrove dan transplantasi karang sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2023. Sebanyak 1.000 mangrove ditanam di bibir pantai Pasir Putih, Desa Sukajaya, Karawang yang merupakan bagian dari program Remaja (Restorasi Mangrove Pantai Utara Jawa). 

 

Penanaman mangrove jenis Api-api, Bako-bako, dan Cemara ini diharapkan ekosistem pesisir dapat terjaga sehingga lingkungan tetap lestari. 

 

Di mana melalui program ini PHE ONWJ telah merealisasikan penanaman mangrove dan asosiasinya sebanyak 405.288 batang. 

 

Di lokasi terpisah yaitu Karang Sendulang, Desa Sukakerta, Karawang, sejumlah 595 fragmen Karang berhasil ditransplantasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Otak Jawara (Orang Tua Asuh Karang di Laut Utara Jakarta & Jawa Barat), di mana melalui program ini PHE ONWJ telah merealisasikan transplantasi karang sebanyak 2.982 fragmen.

 

Vice President Lingkungan Deputi Operasi Representatif SKK MIGAS untuk PHE ONWJ, Bagus Edvantoro dalam sambutannya mengapresiasi kiprah PHE ONWJ. 

 

Hal senada juga diungkapkan Kepala DLH Jawa Barat, Prima Mayaningtias. Prima berpesan agar kegiatan membersihkan pantai ini bisa jadi gerakan sehingga pantai bisa tetap lestari.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut