get app
inews
Aa Read Next : Warga Papua: Raja Aibon Tidak Boleh Pulang! Beginilah Kisah Haru Perjuangan Para Raider 305

Inilah Pasukan Elite Yonif Para Raider 305 Tengkorak yang Membuat KKB Papua Ciut Nyali

Kamis, 27 April 2023 | 18:07 WIB
header img
Pasukan Yonif Para Raider 305 Tengkorak (Foto : militer.id)

INTAN JAYA, iNewsKarawang.id - Pasukan Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 305/Tengkorak berhasil pukul mundur serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Dimana serangan tersebut terjadi pada hari Minggu,(23/4/2023) terhadap Personel Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak yang berada di sekitar Kampung Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Saat penyerangan terjadi, dengan sigap Pasukan berkualifikasi Para Raider ini berhasil membuat KKB Papua melarikan diri.
 
"Ya gerombolan KST (KKB) menggunakan dua senjata api laras panjang untuk menyerang Aparat TNI Yonif 305/Tengkorak yang sedang menuju Kampung Kusage di Kabupaten Intan Jaya pada hari Minggu (23/4). Aparat TNI kemudian melakukan penindakan, tetapi gerombolan KST melarikan diri," kata Kapendam XVII/Cenderawasih kepada iNews.id. 
  
Sebelumnya menurut Kapendam, upaya gerombolan KST untuk menyerang Aparat TNI dan membuat resah masyarakat di Kampung Sambili, Kampung Kusage, dan Kampung Mamba Bawah menyebabkan keributan antara gerombolan KST dan masyarakat kampung. 
 
Masih kata Kapendam, sebagai respons, masyarakat Kampung Bilogai Kabupaten Intan Jaya berkumpul membawa busur dan panah untuk berupaya mengusir gerombongan KST. 

Pasukan yang bermarkas di Jalan Raya Telukjambe, Desa Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang mulai bertugas di Intan Jaya, Papua tengah pada September 2022 Sebagai Pasukan Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Mobile. 

Prajurit Yonif Para Raider 305/Tengkorak telah menempuh kualifikasi Raider di Pusdikpassus Batu Jajar, usai melaksanakan latihan pembentukan prajurit Cakra.

Tidak hanya itu, Pasukan Tengkorak ini juga dilatih kemampuan anti teror dan keahlian-keahlian khusus lainnya seperti Raids, mobil udara, dan pertempuran jarak dekat serta handal di segala medan. 
 
Pasukan pemukul Kostrad ini berada di bawah Brigade Infanteri Para Raider 17/Sakti Budi Bhakti, Divisi Infanteri 1/Kostrad. Mereka memiliki kemampuan tempur di atas rata rata Prajurit Infanteri biasa.

Sementara Dansatgas Yonif 305/Tengkorak Letkol Inf Ardiansyah mengatakan, penugasan pasukannya di Kabupaten Intan Jaya telah menciptakan suasana baru dengan pendekatan Humanis kepada masyarakat sekitar. 
 
Selain itu terlihat kebersamaan para prajurit yang bertugas dengan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan membantu masyarakat dalam proses pemakaman jenazah warga Suku Moni yang tersebar di wilayah Pegunungan Papua di Kabupaten Intan Jaya termasuk melaksanakan kegiatan memborong hasil bumi warga di Pos Koper, Kab. Intan Jaya.

"Hal inilah yang membuat masyarakat di Kabupaten Intan Jaya berkumpul membawa busur dan panah untuk mengangkat senjata mengusir gerombongan KST," kata Dansatgas.

Artikel ini telah diterbitkan pada Link : https://jayapura.inews.id/read/288837/profil-pasukan-yonif-para-raider-305tengkorak-yang-berhasil-memukul-mundur-kkb-di-intan-jaya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut