get app
inews
Aa Read Next : 22 Pemain Timnas Indonesia Dipanggil Shin Tae-yong, Siap Perkuat Laga Lawan Irak dan Filipina

Waduh, Usia PLTA Waduk Saguling KBB Tinggal 18 Tahun akibat Sedimentasi Parah

Jum'at, 17 Desember 2021 | 13:30 WIB
header img
PLTA Waduk Saguling di KBB mengalami percepatan waktu usia pakai dikarenakan pencemaran dan sediementasi yang terjadi di daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

BANDUNG BARAT, iNews.id - Umur pakai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus mengalami percepatan dibandingkan rencana awal pemakaian. Kondisi itu ditengarai karena faktor pencemaran dan sedimentasi yang cukup parah di daerah aliran sungai (DAS) Citarum.  Persoalan tersebut lambat laun telah berpengaruh kepada PLTA Waduk Saguling

"Usia pakai PLTA Waduk Saguling terus menyusut, sekarang kemungkinan sekitar 18 tahun lagi dari usia seharusnya yakni 20 tahun lagi, sejak dioperasionalkan pada tahun 1985," kata General Manager PT Indonesia Power Saguling POMU, Rudiansyah di Padalarang, Jumat (17/12/2021). Dijelaskannya, berdasarkan hasil studi batimetri atau pengukuran kedalam air di Waduk Saguling oleh PT Indonesia Power, terjadi percepatan sedimentasi dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi itu didominasi oleh sedimentasi berupa endapan lumpur dan tanah yang dikarenakan beberapa faktor.

 

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut