get app
inews
Aa Read Next : Menkes : 3.825 Puskesmas Indonesia Tak Punya Dokter Gigi, Lulusan FKG Masuklah ke Puskesmas

Dinkes Sebut Alasan Puskesmas Wanakerta Ngontrak Rumah: Ada Sengketa Lahan

Sabtu, 12 November 2022 | 14:29 WIB
header img
Rumah yang dikontrak Puskesmas Wanakerta. (Foto: Iqbal)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Dinkes Karawang tegaakan pihaknya belum melakukan perbaikan pada bangunan Puskesmas Wanakerta bukan karena unsur kesengajaan.

"Jadi gini, itu kami pindahkan sementara karena sedang dalam proses pembenahan. Sebenarnya pengajuan perbaikan puskesmas tersebut sudah ada dan sedang dalam proses, tapi terhambat karena beberapa faktor," ungkap Subkor Program dan Pelaporan pada Dinkes Kabupaten Karawang, Rasidi, saat dihubungi, Sabtu (12/11/2022).

Lanjutnya, faktor penghambat proses pembenahan gedung Puskesmas Wanakerta dikarenakan adanya sengketa lahan. 

"Itu yang jadi persoalan, Puskesmas Wanakerta sudah lama berdiri, namun ada yang mempermasalahkan tanah tersebut. Sebab itu, perbaikan dan renovasi gedung kita tunda, kalau permasalahan itu sudah selesai, kita akan langsung bergerak," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, pihaknya telah komunikasi dengan pihak kejaksaan dalam upaya menangani persoalan sengketa lahan ini. 

"Sudah, saat ini dalam proses dan secepatnya kita bangun jika permasalahan ini selesai," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Yanto Ardiansyah mengatakan, jika pemindahan itu salah satu upaya agar pelaksanaan pelayanan kesehatan di Wanakerta tidak terhambat. 

"Ini kan masih proses, untuk sementara waktu kita pindahan dulu untuk sementara. Jika memang tahun sebelumnya bermasalah, kita juga sudah mengajukan permintaan lahan jika memang perlu dibangun puskesmas yang baru. Dan kalau tidak, kita akan lakukan renovasi dan membangun puskesmas yang baru, karena melihat kebutuhan masyarakat juga," kata Yanto.

Sebelumnya, Puskesmas Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang terpaksa menyewa rumah karena bangunan rusak. Upaya tersebut dilakukan demi pelayanan kesehatan agar terus berjalan.

Kerusakan bangunan puskesmas terjadi sejak beberapa tahun lalu. Puncak kerusakan terjadi di awal tahun 2021 karena tak kunjung diperbaiki. Plafon dan atap bangunan Puskesmas Wanakerta itu nyaris roboh.

Akhirnya di Oktober 2022, pihak puskesmas terpaksa mengontrak rumah.

"Iya alasan pindah karena bangunan sudah rusak. Dengan dasar dari surat PUPR. PUPR survey, ke Wanakerta," jelas Kepala Puskesmas Wanakerta, Drg. Veronica, Sabtu, (12/11/22).

Di kontrakan baru, tampak sejumlah area diberikan sekat-sekat untuk memaksimalkan setiap ruangan yang ada pada bangunan rumah tersebut.

Meski begitu, Drg. Veronica mengatakan, untuk pelayanan kesehatan terhadap masyarakat tidak terganggu. 

Pasalnya, sistem pelayanan kesehatan di Puskesmas Wanakerta juga memasifkan kegiatan puskesmas keliling (pusling).

"Yang namanya kita memberikan pelayanan tidak bisa terbatas oleh ruangan, seperti kegiatan kami tadi kami melakukan kegiatan pusling ke masyarakat," ucapnya.

Kendati demikian, dirinya tetap berharap, puskesmas Wanakerta dapat memiliki bangunan yang layak untuk menunjang peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi terhadap masyarakat.

"Walaupun dengan keterbatasan bangunan ini, kami berharap semua tenaga kesehatan tetap optimal dalam memberikan pelayanan, dan puskesmas Wanakerta dapat segera memiliki bangunan yang layak," tutupnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut