get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan : Jawa Barat Berpotensi Cuaca Ekstrem saat Pencoblosan Pemilu 2024, Waspada!

Hindari Bakteri dan Virus, Berikut 4 Tips Jaga Kebersihan Kuku di Musim Hujan

Senin, 17 Oktober 2022 | 20:19 WIB
header img
Ilustrasi kuku. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Saat ini mulai memasuki musim hujan, dimana udara dan cuaca terasa lebih sejuk dibandingkan panas terik pada musim panas. Tak hanya udara yang sejuk saja, namun musim hujan rawan terjangkit penyakit. Musim hujan membawa banyak bakteri dan virus, salah satunya pada kuku.

Ya, kuku memang bisa menjadi media untuk masuknya berbagai bakteri dan virus berbahaya berkembang selama musim hujan, yang bisa mengancam kesehatan. Makanya menjaga kuku untuk selalu bersih dan terawat jadi sangat penting.

Bagaimana caranya? Mewarta Timesofindia, Senin (3/10/2022) ini dia ulasan singkat empat cara menjaga kebersihan kuku di musim hujan.

1. Memotong kuku: Sebagian orang tidak terbiasa memotong kuku secara teratur, tetapi selama musim hujan, Anda harus sering memotongnya agar tidak ada kuman yang menumpuk di bawah kuku. Sebab, kelembapan bikin kuku menjadi lunak dan mudah patah, selalu baik untuk membuatnya tetap pendek.

2. Jaga kuku agar tetap kering: Kenapa penting? Sebab kelembapan menghasilkan lebih banyak keringat di tangan dan kaki, selalu cuci dan keringkan tangan dan kaki dengan baik untuk menghilangkan semua kuman. Hindari memakai sepatu kulit tertutup, pilih alas kaki terbuka atau bertali karena sepatu kulit tertutup dapat menyebabkan infeksi jamur. Sebaiknya gunakan bedak antijamur sebelum memakai kaus kaki dan sepatu untuk menghindari segala jenis infeksi kulit.

3. Hindari pakai kuteks: Banyak wanita suka mengaplikasikan warna cat kuku yang berbeda, tetapi disarankan untuk menghindari pakai kuteks selama musim hujan dan biarkan kuku agar bisa bernafas. Jika tidak bisa kalau tak pakai kuteks, sebaiknya pilihlah cat kuku yang bebas paraben dan penghapus cat kuku yang mengandung vitamin A, C, dan E esensial yang mengatasi masalah kuku dan kutikula.

4. Rendam kuku: Tahukah Anda, ternyata sangat penting untuk merendam tangan dan kaki dalam air panas yang diberi taburan garam dan sampo gentle selama musim hujan. Cara mudah ini bisa menghilangkan semua kuman dan kotoran dari kuku dan juga membunuh bakteri berbahaya loh! Merendam kuku juga membantu melembutkan kulit. Setelah direndam, jangan lupa dikeringkan sampai benar-benar kering ya!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 4 Cara Jaga Kebersihan Kuku di Musim Hujan yang Rawan Bakteri dan Virus

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut