get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPRD Karawang Minta Pekarangan Rumah Dijadikan Apotek Hidup

Kejar Target Provinsi, DKP Karawang Genjot Budidaya Ikan

Senin, 22 November 2021 | 21:51 WIB
header img
Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan, Dadan Danny.

KARAWANG, iNews.id - Tingkat konsumsi masyarakat Kabupaten Karawang yang gemar makan ikan  hingga sekarang sudah mencapai 30 kilogram perkapita pertahun.

Capaian tersebut belum memenuhi target dari Provinsi Jawa Barat sebesar 32 Kilogram Perkapita Pertahun.

"Kita akan terus menggenjot budi daya ikan agar capaian target Provinsi Jabar terpenuhi,"kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan pada Dinas Perikanan dan Kelautan Dadan Danny, Senin (22/11/2021), di sela-sela untuk persiapan kegiatan Hari Ikan Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang.

Menurut Dadan, DKP memiliki binaan budidaya ikan tersebar di 16 kecamatan terdiri dari 3500 kelompok. Namun dari 3500 kelompok tersebut baru 30 kelompok yang memiliki ijin yang lengkap dan sudah memproduksi ikan segar yang diolah menjadi berbagai macam jenis seperti ikan dengdeng, ikan pindang,naget, baso ikan, ikan presto dan jenis yang lainya.

Menurutnya, pelaku budi daya ikan yang menjadi binaan di 16 kecamatan itu dianggapnya belum mencukupi karena belum tersebar di 30 kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Karawang.

"Kita terus melakukan sosialisasi agar budi daya ikan tersebar di 30 kecamatan. Namun yang menjadi kendala adalah keterbatasan anggaran. ,"terang Dadan Dany.

Ia berharap pada tahun 2022, masyarakat yang gemar ikan mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga kedepannya dengan program gemar ikan membuat warga Karawang yang makan ikan menjadi manusia yang tangguh dan unggul.

Sementara tingkat konsumsi masyarakat Karawang yang gemar ikan mengacu kepada rumusan baku yaitu jumlah hasil tangkapan ikan ditambah dengan hasil budidaya ikan dan ditambah lagi dari jumlah ikan yang masuk ke Kabupaten Karawang lalu dibagi jumlah penduduk Karawang.

Editor : Dian Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut