get app
inews
Aa Read Next : Timnas Yordania Tembus ke Final Piala Asia 2023, usai Bungkam 2-0 Timnas Korea Selatan

Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Sebut Jurnalis Inggris

Minggu, 24 Juli 2022 | 16:20 WIB
header img
Timnas Indonesia saat melawan Kuwait di kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

Menurut jurnalis asal Inggris, John Duerden, Indonesia disebut layak jadi tuan rumah menggantikan China. Sebab empat negara bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Qatar, Australia, Korea Selatan, dan Indonesia. 

Pemerintah China tampak tidak siap jika harus kedatangan ratusan pemain dan ofisial dari 24 negara peserta Piala Asia 2023, sehingga  China memilih mundur sebagai tuan rumah karena ingin mengendalikan Covid-19 di negaranya. 

Kini, empat negara siap bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Korea Selatan sudah mengajukan secara resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

Sementara itu, Qatar, Australia dan Indonesia adalah tiga negara lain yang tertarik. Ketiga negara sebenarnya sudah juga mengajukan secara resmi tapi belum memberikan penawaran rinci, termasuk bagaimana mereka akan mengatur semuanya, dan itu diserahkan pada akhir Agustus. Kemudian keputusan akan dibuat pada Oktober 2022 ketika AFC mengadakan rapat.

Menurut jurnalis Inggris, John Duerden, dalam tulisannya di Korea Times, Indonesia adalah pilihan yang menarik. Tapi, ia tetap menjagokan Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

"Indonesia adalah salah satu yang menarik tetapi sudah begitu lama sejak Korea Selatan menjadi tuan rumah. Asal tawarannya kuat, Korea Selatan bisa jadi tuan rumah," tulis John Duerden.

Terakhir kali Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Asia adalah pada 1960. Ketika itu Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- juga memenangi trofi.

Kemudian, John Duerden juga menganalisis kemungkinan Qatar dan Australia jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Qatar dan Australia disebut-sebut kesempatannya kecil.

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Kalaupun mau jadi tuan rumah Piala Asia 2023, itu baru bisa dilaksanakan pada Januari 2024. Sebab, Juni dan Juli, cucaca di Qatar sangat ekstrem. 

Sementara itu, Australia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023. Hal ini membuat Australia, menurut John Duerden, akan tersingkir dari persaingan. 

Timnas Indonesia sendiri berhasil melaju ke Piala Asia 2023 setelah berjibaku di babak kualifikasi putaran ketiga bulan lalu. Anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Kuwait dan Nepal untuk bisa melaju ke pesta sepak bola terakbar di Asia itu.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut