Intip Pesona Indah Alam Bawah Laut Pulau Para Sangihe

Antara
Pulau Para Sangihe. (Foto: Antara)

Pada Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara terdapat sebuah pulau yang memiliki pesona indah yang bernama Pulau Para di Kecamatan Tatoareng. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.
 
"Kami menetapkan kawasan wisata Pulau Para menjadi utusan Kabupaten Sangihe dalam ajang Anugerah Desa wisata tahun 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sangihe, Femmy Montang di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, penetapan Pulau Para khususnya Kampung Para Lelle tersebut karena memiliki keindahan alam yang memesona khususnya hamparan pasir putih dan pemandangan alam bawah lautnya yang eksotis.

Pantai Nitu dan Pantai Dua Sawang adalah dua dari delapan pantai di pulau tersebut dengan pemandangan yang indah dihiasi hijaunya pepohonan dan hamparan pasir putih.

Bermacam biota laut akan membuat candu para wisatawan baik lokal maupun asing untuk melakukan snorkling dan diving.

Kondisi ini, kata dia, menjadi modal pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan berbagai asosiasi yang bergerak di bidang kepariwisataan seperti Asidewi Sulut untuk mengembangkan potensi wisata tersebut.

"Rintisan dan strategi pengembangannya sudah mulai kami lakukan sejak kini dengan dukungan pemerintah Kampung Para Lelle beserta Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan seluruh warga masyarakat," kata dia.

Dia menyadari, masih ada kendala yang dihadapi yaitu listrik dan jaringan internet.

Namun demikian, kendala ini tidak menyurutkan semangat untuk mengembangkan desa wisata ini.

Dinas Pariwisata bersama pemerintah kampung menghubungi langsung PT PLN (Persero) Tahuna dan Dinas Kominfo.

Sementara iitu, Sekda Kabupaten Sangihe, Melanchton Harry Wolff mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang akan menggerakkan ekonomi daerah.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Sangihe dalam peningkatan ekonomi inklusif atau ekonomi kerakyatan, dimana yang diharapkan akan terjadi geliat ekonomi di masyarakat.

Karena, melalui kegiatan pariwisata akan membuka pasar yang dilakukan dan disajikan oleh masyarakat itu sendiri, sehingga manfaat yang diterima adalah lebih banyak ke masyarakat.

Destinasi wisata di wilayah Kecamatan Tatoareng, khususnya di Pulau Para, menawarkan pesona keindahan alamnya, namun masih terus diupayakan untuk didukung dengan kesiapan masyarakatnya.

"Sebab, sebagian besar para pelaku wisata adalah mengarah ke aktivitas kebudayaan atau kultur yang selama ini mengakar di kehidupan masyarakatnya," kata Sekda.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network