Meski Kalah Malam Ini Timnas Prancis, Belanda dan Inggris Dipastikan Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Ramdani Bur/Boby
Timnas Belanda dan Prancis sudah lolos ke 16 besar Euro 2024. (Foto: REUTERS)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Timnas Prancis, Belanda dan Inggris meski kalah pada pertandingan malam ini tapi dipastikan lolos ke 16 besarEuro 2024. Begini penjelasannya !

Pada pertandingan kali ini berdasarkan sesuai jadwal, Belanda vs Austria di matchday pamungkas Grup D Euro 2024 pada Selasa, (25/6/2024) pukul 23.00 WIB. Kemudian dalam waktu bersamaan  Prancis akan berhadapan dengan Polandia  di matchday pamungkas Grup D Euro 2024.

Laga selanjutnya pada Rabu 26 Juni 2024 pukul 02.00 WIB,Timnas Inggris yang menantang Slovenia di matchday pamungkas Grup C Euro 2024. Jadi  jika pun kalah, Timnas Prancis, Belanda dan Inggris tetap lolos ke 16 besar Euro 2024.

Laga Kroasia vs Italia semalam berakhir imbang tentunya sangat menguntungkan Timnas Prancis, Belanda dan Inggris. Hasil itu membuat mereka resmi lolos ke 16 besar Euro 2024, setidaknya via jalur peringkat tiga terbaik.

Sekadar diketahui, selain juara dan runner-up grup (12 negara), ada empat tim peringkat tiga terbaik yang diizinkan lolos ke 16 besar Euro 2024. Untuk menentukan empat peringkat tiga terbaik Euro 2024, UEFA membuat klasemen peringkat tiga terbaik.

Penghuni klasemen peringkat tiga terbaik ini berisikan tim-tim yang menempati peringkat tiga Grup A sampai F (enam negara). Untuk sementara, koleksi empat angka yang saat ini diraih Timnas Prancis, Belanda dan Inggris takkan menggeser mereka dari posisi empat besar klasemen peringkat tiga terbaik Euro 2024.

Sebab, ada dua tim peringkat tiga dari grup lain yang koleksi angkanya di bawah mereka, yakni Hungaria (Grup A) dan Kroasia (Grup B). Hungaria hanya meraup tiga angka dari tiga pertandingan, sedangkan Kroasia cuma mengoleksi dua poin dari tiga laga.

Meski begitu, apakahTimnas Prancis, Belanda dan Inggris sudah puas lolos ke 16 besar Euro 2024 via jalur peringkat tiga terbaik? Tentu jawabannya tidak.

Sebab, jika finis di peringkat tiga, lawan kuat sudah menanti mereka di 16 besar Euro 2024. Ambil contoh jika Prancis atau Belanda finis di peringkat tiga Grup D, mereka akan bersua Spanyol yang merupakan juara Grup B.

Begitu juga dengan Inggris yang bakal bertemu juara Grup F, Portugal, jika finis sebagai peringkat tiga Grup C. Karena itu, Timnas Prancis, Belanda dan Inggris praktis sama-sama memburu status juara grup agar menghadapi lawan yang lebih mudah di babak 16 besar Euro 2024.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network