3 Orang Mantan Bupati Nyaleg di Dapil Jabar VII, Tokoh Nasional dan Artis Berpotensi Tergerus

Frizky Wibisono
Foto : Ilustrasi

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sejumlah mantan bupati yang menjadi calon legislatif (Caleg) di daerah pemilihan Jawa Barat VII, Purwakarta, Karawang dan Bekasi bakal menjadi sandungan tokoh nasional yang juga bertarung di Dapil Jabar 7. Bahkan para mantan bupati ini diperkirakan lolos menuju Senayan karena dinilai berhasil membangun komunikasi dengan masyarakatnya saat menjadi bupati. Apalagi para mantan bupati ini sama-sama pernah menjabat dua periode selama menjadi orang nomor satu di daerahnya.

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Singaperbanngsa Karawang (Unsika), Eka Yusuf mengatakan pertarungan para calon legislatif Di daerah pemilihan Jawa Barat VII yaitu Purwakarta, Karawang dan Bekasi cukup sengit. Kalau pemilu sebelumnya Dapil Jawa Barat VII hanya diisi oleh tokoh nasional dan artis sekarang ditambah tiga orang mantan bupati dua periode. 

"Hadirnya para mantan Bupati dari Purwakarta dan Karawang membuat pertarungan memperebutkan suara Di Dapil Jabar VII menjadi tambah sengit. Tokoh nasional yang selama ini mendominasi perolehan suara bakal terkikis dengan hadirnya tiga mantan bupati," kata Eka Yusuf, Jumat (26/1/24).

Menurut Eka Yusuf tiga orang mantan bupati yaitu Dedi Mulyadi mantan Bupati Purwakarta, Cellica Nurrachadiana mantan Bupati Karawang dan Dadang Muhtar mantan bupati Karawang akan merepotkan caleg tokoh nasional dan artis. Apalagi kedua mantan bupati ini semua menjabat dua periode selama menjadi bupati. 

"Dua periode menjabat bupati menjadi ukuran keberhasilan kerja mereka. Pasti rakyat yang mereka pimpin tidak akan melupakan keberhasilan mereka," katanya.

Eka mengatakan dalam Pileg kali ini dia meyakini peluang ketiga mantan bupati akan memenangkan pertarungan melawan tokoh nasional dan artis. Akan ada karpet merah buat para mantan bupati menuju Senayan.

"Peluang mereka sangat besar untuk meraih kursi DPR RI. Semua tinggal kemauan aja," katanya.

Eka Yusuf membuktikan dua mantan  bupati yaitu Dedi Mulyadi dan Dadang Muhtar sudah membuktikan berhasil menang dalam pemilu sebelumnya. Pendatang baru Cellica Nurrachadiana juga akan menyusul memenangkan pertarungan Di Dapil Jawa Barat VII.  

"Karena Dapil Jabar VII ini menjadi sangat sengit, saya kira setiap partai pemenang hanya dapat satu kursi DPR RI, " katanya

Dapil Jawa Barat VII hanya menyediakan 10 kursi DPR RI. Sejumlah tokoh nasional seperti Saan Mustopa dari Nasdem, Ahmad Syaiku dari PKS,  Syaiful Huda dari PKB,  dan Artis Rieke Diah Pitaloka dari PDI yang menjadi incumben masih berpeluang besar menang dalam pemilu nanti. Sedangkan incumben Vera Febriyanti dari Demokrat bakal berat mengulang kesuksesan karena ada Cellica. Hal yang sama juga dengan Obon Tabroni karena Dedi Mulyadi pindah ke Gerindra. 

"Itu kalau kita asumsikan satu partai hanya bisa dapat 1 kursi DPR RI," Katanya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network