Timnas Indonesia Bakal Kedatangan Lagi Pemain Naturalisasi, Siapa Saja?

Ilham Sigit Pratama/Boby
Skuad Timnas Indonesia (Foto: Instagram PSSI)

JAKARTA,iNewskarawang.id - Diketahui dari akun media sosial pribadi Arya Sinulingga baru-baru ini bahwa Timnas Indonesia kemungkinan besar bakal kembali kedatangan pemain naturalisasi.

Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memberikan isyarat terkait proses naturalisasi sang pemain. Namun hingga saat ini belum ada bocoran mengenai sosok pemain yang akan segera dinaturalisasi.

“Beberapa (pemain keturunan) lagi diproses,” tulis Arya lewat Instagram pribadinya, @arya.m.sinulingga kala membalas komentar warganet dengan nama pengguna @defikputra.

Beberapa kandidat pun mencuat pada kolom komentar tersebut, salah satunya Jay Idzes yang baru saja resmi bergabung bersama klub Italia, Venezia. Pasalnya, Idzes pernah terang-terangan mengaku ingin dinaturalisasi.

“Aku terbuka untuk itu (proses naturalisasi). Akan tetapi, di satu sisi aku juga ingin berkarier di Belanda. Di sisi lain aku juga ingin membela Timnas asal kakekku (Indonesia). Hal itu adalah suatu kehormatan,” ujar Jay Idzes di kanal Youtube Yussa Nugraha,

Selain Idzes, nama pemain keturunan lain yang kemungkinan menjadi pemain naturalisasi selanjutnya adalah Ilias Alhaft. Pemain klub Belanda, Almere City FC itu juga blak-blakan menyatakan minat untuk membela skuad Garuda.

“Saya menyampaikan kepadanya (Hamdan), saya harus menunjukkan diri saya, kalau saya melakukan yang terbaik pasti PSSI akan datang, saya terbuka (kemungkinan dinaturalisasi),” kata Alhaft dikutip kanal Youtube yang sama.

“Pasti banyak orang tanya apakah saya terbuka untuk Timnas (Indonesia), saya akan bilang 100 persen iya,” ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12 dan 17 Oktober 2023 mendatang. Secara matematis, Timnas Indonesia seharusnya bisa melangkahi Brunei Darussalam.

Namun jika menang, Timnas Indonesia sudah ditunggu lawan-lawan berat di putaran kedua. Jika lolos, skuad Garuda akan tergabung di Grup F bersama Vietnam, Irak dan Filipina.

Belum lagi, Timnas Indonesia juga akan berlaga di Piala Asia 2023 pada awal 2024 mendatang. Anak asuh Shin Tae-yong tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak dan Jepang sang langganan Piala Dunia.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network